Jakarta - Google Indonesia kembali memperkenalkan aplikasi penggunaan jasa peta online Google Maps untuk para pemudik.

Country Head Google Indonesia, Rudy Ramawy, mengungkapkan google maps yang bisa diakses melalui ponsel dan tablet android atau iOS ini memberikan kemudahan bagi pemudik yang ingin merayakan Lebaran di kampung halaman dengan merencanakan jalur perjalanan mudik yang aman dan nyaman.

"Kemudahan-kemudahan itu antara lain fasilitas cari jalan yang paling nyaman menuju tempat tujuan, informasi lokasi SPBU dan ATM terdekat, informasi lalu lintas terkini. Kita juga dapat mencatat semua penemuan selama di perjalanan di perangkat digital kita, sehingga jika kelak melakukan perjalanan dengan rute yang sama, kita dapat dengan mudah menemukan tempat-tempat yang pernah dikunjungi," ujarnya.

Untuk mendapatkan app Google Maps, dapat dilakukan dengan mengunduh versi terbaru "Google Maps" di Google Play. Sedangkan untuk iOS (iPad dan iPhone) ada di App Store. Google Maps untuk android versi 6.14.4 ke bawah memerlukan Android 2.1+.

Sedangkan untuk Android versi 7.0 ke atas memerlukan Android 4.03+. Head of Communications Google Indonesia, Visnu K Mahmud mengungkapkan aplikasi ini memang bukan hal baru di Indonesia karena Google Maps dengan navigasi telah hadir di Indonesia pada 10 Juli lalu. "Layanan ini belum sempurna, tapi terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan," demikian Visnu.