blog-indonesia.com

Kamis, 02 Mei 2013

Mobil Listrik UNY Siap Berkompetisi di Korea

Mobil Listrik UNY Siap Berkompetisi di Korea  Yogyakarta - Tim mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta bersiap memboyong mobil listrik besutannya ke Korea Selatan, Kamis, 2 Mei 2013. Mobil UNY EVO yang memiliki bentuk mirip mobil Formula 1 itu akan menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia pada Kompetisi International Student Green Car di Seoul selama 24 hingga 25 Mei 2013 mendatang.

Ahmad Yulianto, koordinator tim perancang UNY EVO, mengatakan mobil itu memiliki kapasitas setara tujuh tenaga kuda. Komponennya terdiri atas empat buah baterai 12 volt 80 AH, dua motor listrik jenis BLDC 3 Kw, dan badan berbahan carbon fiber. Beratnya sekitar 165 kg, panjang 230 cm, lebar 130 cm, dan tinggi 85 cm. "Kecepatan maksimal bisa 75 km per jam. Baterai yang kami pasang tahan untuk jarak 45 km atau bisa tahan sejam lebih," ujarnya.

Mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik UNY, angkatan 2008 itu menambahkan konsep rancangan mesin mobil listrik ini berbeda serta memiliki sejumlah keunggulan. Salah satunya adalah sistem mesinnya yang memakai dua motor listrik yang diaktifkan dengan konsep electric diferensial. Konsep ini membuat jumlah putaran roda bagian belakang bisa berbeda dari roda lain saat berbelok. "Ini mencegah ban selip atau kehilangan kendali ketika mobil berbelok di tikungan tajam dalam kecepatan tinggi," katanya.

Yulianto menerangkan mobil itu juga memakai sistem suspensi mirip teknologi mobil Formula 1. Karena itu, kata dia, meski digunakan berbelok di tikungan tajam dalam kecepatan maksimum, roda belakang mobil tak mudah terangkat ke atas. "Sistem rem memakai kaliber motor dan master rem mobil," ujar dia. Meski begitu, mobil itu masih butuh sejumlah penyempurnaan, terutama di sistem kemudi. Perhitungan perbandingan setara antara kecepatan dan susut kemudi masih belum sempurna.

Koordinator dosen pembimbing tim perancang mobil UNY EVO, Zainal Arifin, mengatakan prototipe mobil ini sudah bisa dikembangkan sebagai mobil city car yang murni memakai tenaga baterai. Kata dia, jurusan pendidikan teknik otomotif sudah berencana mengembangkannya menjadi mobil urban yang berkapasitas empat orang penumpang. "Mobil UNY EVO ini rancangan generasi keempat," kata dia.


  Tempo  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More