Jakarta • Indonesia punya
pabrik pembuat kereta sejak tahun 1980an. Pabrik itu milik PT Industri
Kereta Api (INKA), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pembuat berbagai
jenis kereta yang bermarkas di Madiun Jawa Timur.
Perusahaan
pelat merah ini sanggup memproduksi berbagai produk kereta, bahkan ada
yang telah dijual ke luar negeri. Salah satu produk terbaru INKA adalah
lokomotif penarik kereta anti banjir.
Lokomotif ini, memiliki
beberapa keunggulan dibandingkan lokomotif sejenis yang diproduksi oleh
pabrikan lokomotif dunia asal Amerika Serikat, General Electric (GE).
Lokomotif dengan seri CC 330 dan dibandrol dengan harga Rp 25 miliar
hingga Rp 30 miliar ini, dirancang untuk menarik kereta penumpang dan
gerbong barang.
Mau tahu, keunggulan dan penampakan lokomotif asli produksi Indonesia? Berikut ini, hasil penelusuran detikFinance, Selasa (2/4/2013).
• Desain Kepala yang 'Garang'
Lokomotif produksi INKA ini, memiliki warna dominan merah. Dengan konsep
double cabin yakni terdapat ruang kemudi bagi masinis di depan dan
belakang, lokomotif ini tampak garang dari depan. Jika diperhatikan
lebih jauh lagi, dari depan, lokomotif ini tampak seperti kepala truk.
Desain lokomotif ini, murni dirancang oleh tenaga ahli di INKA.
• Dua Kabin Masinis
Pada ruang kabin masinis, terdapat dua buah kursi empuk di depan ruang
kemudi. Dilengkapi dengan pendingin udara dan peralatan canggih, membuat
masinis merasa nyaman berada di kabin lokomotif.
Bahkan
lokomotif ini, berkonsep double cabin yakni terdapat 2 kabin yang berada
di depan dan di belakang lokomotif. Selain itu, masinis tidak perlu
memanjat keluar untuk pindah ke kabin belakang atau sebaliknya karena
ada penghubung atau ruang kecil kecil yang bisa menyambungkan antar
kabin. Hal ini, tidak ditemui pada lokomotif sejenis buatan GE.
• Kamera Pengawas
Lokomotif yang baru diproduksi sebanyak 5 unit ini, dilengkapi dengan
kamera pengintai. Kamera ini, terdapat di sebelah kanan dan kiri
lokomotif. Masinis tanpa perlu harus menegok ke belakang, cukup melihat
dari layar yang terdapat di dalam cabin, bisa mengamati ke belakang
seperti kereta penumpang yang sedang ditarik.
• Anti Banjir
Lokomotif CC 330 ini, ternyata tahan melewati banjir. Bahkan
pengakuan seorang teknisi INKA, dengan mesin diesel hidrolik terdapat di
atas, lokomotif ini tahan melewati banjir setinggi 1 meter. Hal ini
didesain karena beberapa jalur rel di Indonesia kerap tergenang banjir.
Hal ini tidak ditemui pada lokomotif sejenis buatan GE. Karena kereta
tersebut, memiliki mesin di bawah sehingga rentan mogok saat melewati
banjir.
• Dilengkapi Mesin Pembangkit Listrik
Di dalam lokomotif buatan INKA ini, terdapat mesin yang dirancang secara
khusus sebagai mesin pembangkit untuk aliran listrik ke gerbong atau
kereta penumpang. Listrik dari lokomotif ini, digunakan untuk
membangkitkan fasilitas elektronik di kereta seperti pendingin udara dan
penerangan.
Dengan adanya mesin pembangkit menyatu di dalam
lokomotif, INKA mengklaim tidak perlu lagi ada kereta khusus pembangkit
yang menempel di dalam rangkaian kereta. Hal ini tentunya, bisa menambah
daya angkut karena kereta pembangkit digantikan oleh kereta penumpang.
0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.