blog-indonesia.com

Senin, 08 April 2013

Indonesia Sumber Utama Pertumbuhan Asia

 Mari Elka Pangestu 
Beijing Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan Indonesia dapat menjadi sumber utama pertumbuhan ekonomi yang positif bagi Asia, baik pada saat krisis maupun saat perekonomian global melambat.

"Indonesia, relatif lebih tahan terhadap krisis dengan pertumbuhan rata-rata sekitar enam persen, Indonesia dapat menjadi salah satu sumber pertumbuhan di Asia," katanya dalam Boao Forum for Asia di Boao, Hainan, Cina.

Mari mengatakan Asia saat ini menyumbang pertumbuhan ekonomi dunia sekitar 50 persen, di mana Indonesia sebagai negara yang relatif tahan terhadap krisis, menjadi salah satu sumber pertumbuhan yang penting di Asia. "Masalahnya sekarang adalah bagaimana Indonesia dapat mempertahankan pertumbuhan yang positif, di tengah perekonomian global yang sedang melemah dan cenderung berada dalam kondisi yang tidak pasti," ujarnya.

Mari mengatakan Indonesia harus memfokuskan investasi dalam pendidikan dan kesehatan.

"Ini penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Bagaimana pun Indonesia harus memiliki sumber daya yang kreatif, inovatif, untuk dapat mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang positif bak di dalam negeri, maupun untuk menjadikan Indonesia menjadi sumber utama pertumbuhan di kawasan," katanya.

Selain itu, tambah dia, penguasaan tekonologi, dan pembangunan infrastruktur yang memadai menjadi salah satu faktor lainnya untuk menjadikan Indonesia mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang positif baik di dalam negeri, maupun untuk menjadikan Indonesia menjadi sumber utama pertumbuhan di Asia.


  Republika  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More