blog-indonesia.com

Kamis, 07 Maret 2013

Tiga Kota Jadi Proyek Percontohan Transportasi Perkotaan Berkelanjutan

JakartaTIGA kota di Indonesia, yaitu Medan, Batam, dan Manado, menjadi proyek percontohan inisiatif transportasi perkotaan Indonesia yang berkelanjutan atau Indonesia Sustainable Urban Transport Initiative (Indo Sutri).

Kesepakatan bersama Indo Sutri antara perwakilan ketiga kota dengan Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan ditandatangani hari ini, Kamis (7/3) di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta. Turut hadir dalam acara penandatanganan tersebut perwakilan dari Bappenas, Kementerian Lingkungan Hidup, Kepolisian RI dan Dewan Nasional Perubahan Iklim.

Mangindaan menjelaskan, sebagai proyek percontohan, di ketiga kota akan diterapkan bentuk transportasi perkotaan yang berkelanjutan yang lebih ramah lingkungan. Misalnya, mengalihkan penggunaaan bahan bakar minyak ke gas dan pembangunan prasarana transportasi yang memerhatikan kondisi lingkungan.

"Ramah lingkungan itu termasuk kendaraannya. Kalau tidak bisa memakai BBM, memakai gas. Begitu juga membuat terminal dan itu dasarnya harus dari Amdal(analisa mengenai dampak lingkungan. Red),"ujarnya usai penandatanganan kesepakatan bersama tersebut.

Implementasi Indo Sutri melibatkan lintas kementerian dan Pertamina. Pengalihan BBM ke gas misalnya akan melibatkan Kementerian Perindustrian selaku penyedia converter kit, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Pertamina penyediaan infrastruktur, seperti stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG).

Untuk proyek ini, disediakan anggaran khusus dari pemerintah dan tidak menutup kemungkinan untuk melibatkan bantuan dari pihak internasional. Diharapkan, proyek tersebut bisa berhasil diterapkan di ketiga kota dan menjadi contoh bagi kota lain. Untuk pengalihan dari BBM ke gas membutuhkan kesiapan infrastruktur seperti SPBG. Namun infrastruktur ini masih disiapkan sehingga tahun depan sudah mulai bisa diterapkan.

"Tahun ini sudah harus dimulai konsepnya.Tahun depan sudah mulai. Sejak tahun lalu sudah dibicarakan mengalihkan BBM ke gas tapi infra belum terpasang semua jadi kita bikin pilot project," papar menteri.

Seluruh stakeholder akan diminta untuk bersiap-siap menghadapi proyek tersebut."Organda dan sebagainya kita minta supaya siap-siap mana yang siap dialihakan ke converter sambil menunggu infrastruktur," tambahnya.


  ● Jurnas  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzuKXZz7DA9Y-b0_1ZIg4l1-Si_QQOgNYEZH6g1x2uUjLSYPRt8WhqPUehlrD35o36iIFpujKTIMiMwqRlUzHCfKT-a87fzfu77qvEv_EILRZACrgrNglyzx3QGI1aLE9B5cVrP9SoNdw/s35/cinta-indonesia.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More