blog-indonesia.com

Sabtu, 30 Maret 2013

SMKN 4 Jakarta perakit sepeda motor Kanzen

Perkembangan teknologi di Indonesia berkembang dengan cukup inovatif. Indonesia sudah jauh melangkah dan mulai mandiri terutama dalam bidang otomotif. Bahkan beberapa kalangan terus mengembangkan karyanya untuk menciptakan motor atau mobil 'made in' Indonesia.

Adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Jakarta Utara yang berhasil menciptakan motor Kanzen. Para siswa sekolah ini membuat motor dengan keinginan yang kuat hingga menghasilkan sepeda motor rakitan yang siap dipasarkan.

Kepala SMKN 4 Jakarta Wahidin Ganef mengatakan, karya anak didiknya pernah dipamerkan di Lomba Kreatif Siswa (LKS) SMK ke-17 di PRJ Jakarta beberapa tahun lalu. Selanjutnya siswa yang bersekolah di Jalan Rorotan VI Nomor 5 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara semakin bersemangat untuk mengembangkan rakitan sepeda motor mereka.

"Kami telah kerjasama dengan PT Inti Kanzen Motor (IKM) dan Subdiknas pada 6 Januari 2009," ucap Wahidin beberapa waktu lalu.

Ternyata tidak sampai di situ, SMKN 4 Jakarta juga dipercaya untuk merakit 200 mesin mobil Esemka terurai dan 12 mobil. Jatah perakitan ini sebelumnya diberikan kepada SMKN 1 Budi Utomo, namun sekolah tersebut belum memiliki bengkel untuk perakitan mobil. Program pun dialihkan ke SMKN 4 Jakarta.

"Saat verifikasi Program Perakitan Direktorat Pembinaan SMK Kemdikbud tahun 2009, kami tidak jadi ditunjuk, tetapi ikut merakit komponen mesin yang sebagian terurai," ujar guru mesin SMKN 1 Budi Utomo Sopandi.

Fasilitas SMKN 4 Jakarta dinilai lebih siap ikut program perakitan Kiat Esemka. "Kami ditunjuk bersama 22 SMK lain karena punya bengkel laboratorium memadai," kata Sekretaris Program Otomotif SMKN 4 Jakarta Rahmedi.

Kreativitas SMKN 4 Jakarta memang patut diacungi jempol. Sekolah tersebut juga menciptakan mesin computer numerical control milling atau mesin bubut untuk membuat onderdil kendaraan bermotor. Sebelumnya, SMKN 4 juga merakit laptop, mobil, truk mini, sepeda motor, serta proyektor LCD.(mdk/ded)


  Merdeka  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzuKXZz7DA9Y-b0_1ZIg4l1-Si_QQOgNYEZH6g1x2uUjLSYPRt8WhqPUehlrD35o36iIFpujKTIMiMwqRlUzHCfKT-a87fzfu77qvEv_EILRZACrgrNglyzx3QGI1aLE9B5cVrP9SoNdw/s35/cinta-indonesia.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More