blog-indonesia.com

Selasa, 12 Maret 2013

Saat Indonesia jadi basis produksi otomotif

JakartaKementerian Perindustrian memberikan sinyal jika para produsen otomotif segera berbondong-bondong masuk Indonesia. Mereka ada yang berencana meningkatkan kapasitas produksi dan membangun industri perakitan anyar di dalam negeri.

Paling tidak, sampai saat ini beberapa produsen yang akan meningkatkan produksinya diantaranya Nissan, Daihatsu, Toyota. Teranyar, produsen otomotif Jerman Volkswagen (VW) telah mengajukan proposal untuk membangun pabrik. Nilai yang diajukan sebesar USD 140 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun dengan rencana menggandeng perusahaan lokal.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan VW mengulang lagi niatan mereka berinvestasi. Sejak tahun lalu, pabrikan mobil yang kondang dengan produk VW Beetle dan Combi itu pernah mengajak pemerintah berunding.

"VW itu sekarang produksi manufakturnya di China volume produknya melampaui produksi mobil-mobil Jepang di China. Jadi (VW) sangat populer, dia mau menularkan itu di Indonesia," ungkapnya di Jakarta, Kamis (11/3).

Mantan Gabungan Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Bambang Trisulo mengatakan sangat wajar jika Indonesia dijadikan basis industri kendaraan bermotor. "Pasar Indonesia sangat menjanjikan, apalagi kalau Maluku dan Papua atau Indonesia bagian timur sudah terkoneksi dengan baik," katanya.

Dia mengatakan banyak hal yang membuat para investor kembali melirik Indonesia diantaranya pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil. "Sejak 2006, saya sudah bicara pada Pemerintah untuk mendorong produksi kendaraan murah dan ramah lingkungan," katanya.

Besarnya pasar Indonesia bisa dilihat data penjualan kendaraan anyar di 2012. Total penjualan mobil nasional mencapai 1,116 juta unit. Jumlah ini naik signifikan dibanding 2011 yang sebanyak 894.164 unit dan 764.709 unit (2010). Bahkan, di 2013 penjualan kendaraan akan terus meroket melebihi 1,3 juta unit. Hal ini karena didorong konsumsi masyarakat yang meningkat.

Bambang menegaskan bukan hanya industri perakitan Jepang yang akan menjamur, tetapi industri perakitan Eropa melirik Indonesia. "Indonesia itu ada di pusat, apalagi akan segera di bukanya pasar bebas Asia Tenggara, ini memudahkan para produsen kendaraan memasarkan produknya," ungkapnya.(mdk/arr)


  ● Merdeka  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzuKXZz7DA9Y-b0_1ZIg4l1-Si_QQOgNYEZH6g1x2uUjLSYPRt8WhqPUehlrD35o36iIFpujKTIMiMwqRlUzHCfKT-a87fzfu77qvEv_EILRZACrgrNglyzx3QGI1aLE9B5cVrP9SoNdw/s35/cinta-indonesia.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More