blog-indonesia.com

Sabtu, 16 Maret 2013

RI-Irak Perluas Kerjasama Hingga ke Infrastruktur dan Telekomunikasi

Baghdad Pemerintah Indonesia dan Irak baru saja sepakat untuk melakukan kerjasama di bidang energi. Kerjasama ini akan semakin diperluas ke sektor-sektor lain, seperti infrastruktur, telekomunikasi, dan pertanian.

Menurut Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Irak tidak hanya mitra dalam kerjasama ini tetapi lebih seperti saudara Indonesia. Maka dari itu, kedekatan ini harus dimanfaatkan untuk kerjasama lebih lanjut di berbagai bidang.

"Nanti kerjasama ini akan kita perluas, sampai ke sektor-sektor seperti pupuk, LPG, telekomunikasi, pariwisata, pendidikan dan budaya," kata Hatta usai menyaksikan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo bersama Deputi Menteri Perminyakan Urursan Operasi Hilir Irak Fayyadh Hasan Neema bersama Deputi Perdana Menteri Irak, Hussein Abdullah Al-Shahristani di kantor Deputi PM Irak, Baghdad, Kamis (14/3/2013).

Hatta mengatakan, pemerintah RI akan segera membentuk working group alias kelompok kerja supaya kerjasama-kerjasama ini semakin cepat terealisasi. Sehingga, kata dia, begitu pihak pemerintah Irak berkunjung ke Indonesia nanti sudah ada lanjutan dari kerjasama ini.

Pihak Irak tertarik juga bekerjasama memproduksi pupuk dengan menawarkan kerjasama pembangunan pabrik pupuk urea di Irak. Menanggapi tawaran Pemerintah Irak tersebut, sebagai tahap awal, PT Pupuk Indonesia akan bekerjasama di bidang pengadaan bahan baku pupuk untuk kebutuhan industri pupuk nasional.

Selain itu di sektor telekomunikasi, Pemerintah Irak tertarik melakukan kerjasama dengan mengundang PT INTI mempresentasikan program-program yang akan ditawarkan kepada Irak, termasuk di antaranya Broadband Network Modernization dan pembangunan jaringan kabel telepon berbahan Fiber Optic.

Terakhir di sektor infrastruktur, atas undangan Pemerintah Irak, PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) akan mempresentasikan rencana pengembangan usaha di Irak serta menyatakan kesiapan untuk terlibat dalam berbagai proyek di Irak, yang ditandai dengan pembukaan kantor perwakilan perusahaan di Baghdad.


  ● Detik Finance  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzuKXZz7DA9Y-b0_1ZIg4l1-Si_QQOgNYEZH6g1x2uUjLSYPRt8WhqPUehlrD35o36iIFpujKTIMiMwqRlUzHCfKT-a87fzfu77qvEv_EILRZACrgrNglyzx3QGI1aLE9B5cVrP9SoNdw/s35/cinta-indonesia.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More