blog-indonesia.com

Kamis, 07 Maret 2013

RI-Hongaria Sepakat Perkuat Kerja Sama

Jakarta | Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan timpalannya dari Hongaria, Presiden Janos Ader sepakat untuk meningkatkan kerja sama antara kedua negara dengan aktif mencari peluang-peluang kerja sama baru, terutama di bidang ekonomi.

"Kami percaya Indonesia dan Hongaria bisa mencari peluang-peluang baru untuk mendorong kerjasama di berbagai bidang, terutama ekonomi," kata Presiden Ader dalam konferensi pers bersama di Istana Sandor, Rabu malam.

Melalui seorang penerjemah, Presiden Ader menjelaskan bahwa dalam pertemuan itu juga dibahas upaya-upaya untuk mengundang para investor Indonesia ke Hongaria.

Ia kemudian menyebut kesuksesan Indonesia dalam menghadapi krisis keuangan dunia dengan berhasil menjaga pertumbuhan ekonominya di atas enam persen.

Disebutkan pula mengenai potensi kerja sama di bidang infrastruktur yang menurut Presiden Ader dapat menjadi peluang yang luar biasa bagi kedua negara.

Sementara itu Presiden Yudhoyono menjelaskan bahwa tujuannya melawat ke Hongaria adalah meningkatkan kerja sama di bidang bisnis dan ekonomi.

"Kita juga sepakat untuk mendorong pihak swasta untuk terus mencari peluang kerjasama ekonomin" katanya seraya menambahkan bahwa pertemuan itu juga membahas mengenai peluang kerja sama di bidang lingkungan hidup, pendidikan, energi dan pariwisata.

Presiden merujuk pada pernyataan Presiden Hongaria mengenai arti pentingnya meningkatkan pertukaran pelajar kedua negara.

"Sebagai kesimpulan, saya percaya kita akan dapat melakukan hal yang lebih untuk masa depan kita yang lebih baik," katanya.

Presiden Yudhoyono melakukan kunjungan kerja ke Budapest selama dua hari, 6-8 Maret, setelah menyelesaikan rangkaian kunjungan kerjanya di Berlin, Jerman.

Presiden tiba di Budapest Rabu siang sekitar pukul 11.00 waktu setempat dan kemudian melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Ader pada Rabu sore.

Di Istana Sandor, Presiden Yudhoyono disambut dengan upacara kenegaraan. Pada Rabu malam, Kepala Negara beserta Ibu Ani Yudhoyono akan menghadiri jamuan santap malam di Istana Sandor.

Sementara itu di saat kedua Kepala Negara melakukan pertemuan bilateral, Ibu Ani Yudhoyono dengan didampingi oleh Ibu Negara Hongaria Anita Herczegh meninjau Museum Nasional Gallery, Istana Nelayan (Fishermen Bastion), dan Gereja St Mathias yang berada di dekat Istana Sandor.


  ● Republika  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzuKXZz7DA9Y-b0_1ZIg4l1-Si_QQOgNYEZH6g1x2uUjLSYPRt8WhqPUehlrD35o36iIFpujKTIMiMwqRlUzHCfKT-a87fzfu77qvEv_EILRZACrgrNglyzx3QGI1aLE9B5cVrP9SoNdw/s35/cinta-indonesia.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More