blog-indonesia.com

Sabtu, 09 Maret 2013

Jurusan Kimia UGM raih akreditasi internasional RSC

Jogyakarta | Jurusan Kimia jenjang strata satu Universitas Gadjah Mada Yogyakarta meraih akreditasi internasional dari the Royal Society of Chemistry, London, Inggris.

"Jurusan Kimia merupakan program studi pertama di UGM yang mendapatkan akreditasi internasional," kata Ketua Tim Akreditasi Internasional Jurusan Kimia UGM Roto di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, dengan akreditasi itu Jurusan Kimia UGM memiliki kualitas yang setara dengan universitas-universitas ternama dunia yang juga telah terakreditasi sebelumnya, seperti University of Oxford, University of Cambridge, dan Imperial College, London.

"Akreditasi itu berlaku lima tahun sampai dengan Maret 2018. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan akreditasi the Royal Society of Chemistry (RSC) itu di antaranya akan terbentuk jaringan dan kolaborasi internasional," katanya.

Ia mengatakan, jaringan dan kolaborasi internasional itu di antaranya pertukaran mahasiswa dengan institusi luar negeri yang terakreditasi RSC, memberikan kepercayaan kepada alumni dan pengguna alumni di pasar kerja global.

"Selain itu adanya pengakuan dari penilai internasional terhadap kualitas pendidikan Jurusan Kimia UGM. RSC juga akan ikut mempublikasikan perguruan tinggi yang mendapat akreditasi," katanya.

Menurut dia, RSC adalah organisasi internasional terbesar di Eropa yang berbasis di Cambridge, London, yang memiliki komitmen untuk memajukan ilmu kimia. RSC adalah badan akreditasi paling berpengaruh di dunia.

"Jurnal-jurnal kimia yang diterbitkan oleh RSC memiliki `impact factor` tertinggi di dunia," katanya.

Ia mengatakan, RSC telah mengakreditasi program studi S1 dan S2 kimia perguruan tinggi ternama di dunia. Sampai saat ini sudah mengakreditasi lebih dari 200 program studi S1 dan S2 kimia di seluruh dunia.

Akreditasi RSC tersebut berdasarkan 14 kriteria kunci, di antaranya kedalaman dan keluasan silabus kimia yang diajarkan, keahlian praktis mahasiswa dalam memecahkan persoalan masyarakat terkait dengan ilmu kimia.

Selain itu, kualitas tugas akhir mahasiswa dan keahlian mahasiswa untuk melaksanakan tugas profesional terkait dengan ilmu kimia.

"Semua itu harus didukung sistem penjaminan mutu internal yang andal dan hasilnya sangat mendukung visi UGM menjadi universitas riset berstandar internasional," katanya.(B015/H008)


  ● Antara  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzuKXZz7DA9Y-b0_1ZIg4l1-Si_QQOgNYEZH6g1x2uUjLSYPRt8WhqPUehlrD35o36iIFpujKTIMiMwqRlUzHCfKT-a87fzfu77qvEv_EILRZACrgrNglyzx3QGI1aLE9B5cVrP9SoNdw/s35/cinta-indonesia.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More