blog-indonesia.com

Senin, 11 Maret 2013

Jepang Serahkan 6 Jembatan Bantuan untuk Nias

Jepang Serahkan 6 Jembatan Bantuan untuk Nias
 Ilustrasi Jembatan
Medan - Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori menyerahkan enam jembatan bantuan pemerintah Jepang untuk Kepulauan Nias senilai Rp 131 miliar, Sabtu 9 Maret 2013. Penyerahan itu sekaligus peresmian pengoperasionalan jembatan penghubung antarpulau di Kepualauan Nias.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita pada salah satu proyek yakni Jembatan Nou sepanjang 41 meter di jalan Diponegoro, Kota Gunung Sitoli, Sumatera Utara, sekaligus penandatangan penyerahan aset antara Pemerintah Jepang lewat Japan International Cooperation Agency (JICA) kepada Pemerintah Nias.

Pelaksana tugas Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho mengatakan, bantuan pemerintah Jepang itu diharapkan meningkatkan 'connectivity' atau keterhubungan wilayah di pulau-pulau Nias yang saling berjauhan letaknya. "Sehingga dengan bantuan jembatan Jepang ini akan dapat menekan biaya operasional dan mempercepat arus transportasi barang dan orang." kata Gatot.

Gatot mengakui kondisi sebagian besar jalan dan jembatan di Sumut saat ini dalam keadaan memperihatinkan akibat terbatasnya anggaran pemeliharaan, apalagi untuk membangun infrasturktur baru. "Pemerintah Provinsi Sumut mengakui jalan dan jembatan banyak yang rusak. Anggaran negara maupun APBD Provinsi Sumut tidak cukup memperbaiki yang rusak," kata Gatot.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, jembatan yang diresmikan itu adalah jembatan rusak akibat bencana gempa dan tsuanami yang melanda Nias pada 2004 silam. "Pasca bencana lalu itu wilayah ini (Nias) menjadi terisolasi menyebabkan kesenjangan perekonomian antara pusat kegiatan di perkotaan ke bebera desa di Kepulauan Nias," kata Menteri Djoko.

Proyek jembatan di Pulau Nias ini merupakan kesepakatan hibah antara pemerintah Jepang dan Pemerintah Indonesia yang telah dikerjakan sejak 1 Juni 2010 dan selesai pada 15 Februari 2013.

Jembatan yang diresmikan adalah Jembatan Nou A sepanjang 48,5 meter; Jembatan Idano Gawo sepanjang 151 meter; Jembatan Sowa sepanjang 53 meter; Jembatan Mezaya sepanjang 94 meter, dan Jembatan Gido Si'ite sepanjang 40 meter.

"Jembatan yang diresmikan ini adalah jembatan yang membentang sepanjang jalan nasional di Pulau Nias yang rusak dihantam tsunami. Jembatan yang diperbaiki Jepang menggunakan konstruksi tahan gempa," kata Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Kementerian Pekerjaan Umum Wijaya Seta.


  Tempo  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzuKXZz7DA9Y-b0_1ZIg4l1-Si_QQOgNYEZH6g1x2uUjLSYPRt8WhqPUehlrD35o36iIFpujKTIMiMwqRlUzHCfKT-a87fzfu77qvEv_EILRZACrgrNglyzx3QGI1aLE9B5cVrP9SoNdw/s35/cinta-indonesia.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More