blog-indonesia.com

Selasa, 05 Maret 2013

Jakarta Siaga Banjir

Katulampa Siaga I, Jakarta Rawan BanjirJakarta | Bendungan Katulampa sudah memasuki Siaga I akibat hujan deras sepanjang hari di Bogor, Senin (4/3/2013).

Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, dikhawatirkan bisa terjadi banjir seperti tanggal 15 Januari lalu di Jakarta. "Tempo hari banjir melanda Jakarta ketika posisi permukaan air di Katulampa 210 cm. Saat ini ketinggian muka air di Katulampa mencapai 250 cm," kata Sutopo.

Pada pukul 17.40 WIB ketinggian air posisi 220 cm dan pukul 18.00 WIB naik menjadi 250 cm. Dengan kondisi level siaga tertinggi itu, kewenangan pengendaliannya langsung menjadi kewenangan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PU.

Sutopo menambahkan, diperkirakan pada Selasa (5/3) pagi, yaitu sekitar pukul 03.00-05.00 WIB banjir bakal menggenangi permukiman sekitar Sungai Ciliwung. Tinggi banjir ini dapat lebih besar daripada banjir pada pada 15 Januari 2013 yang saat itu tinggi muka air Bendung Katulampa mencapai 210 cm.

Daerah yang berpotensi terkena banjir adalah daerah sekitar bantaran Sungai Ciliwung: Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Gang Arus/Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina, dan Kampung Melayu.

Masyakarat diminta meningkatkan kesiapsiagaannya terkait Siaga I untuk memantau dan merespons banjir yang berpotensi terjadi di Jakarta Timur: Kel Cililitan, Cawang, Bidara Cina, Kampung Melayu, Kebon Manggis; Jakarta Selatan: Kel Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Kebon Baru, Bukit Duri.BNPB telah melakukan koordinasi dengan BPBD DKI Jakarta. Kepala BNPB telah memerintahkan Tim Reaksi Cepat BNPB untuk melakukan langkah-langkah antisipasi dengan menyiapkan logistik dan peralatan pada titik rawan banjir.



  Kompas  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzuKXZz7DA9Y-b0_1ZIg4l1-Si_QQOgNYEZH6g1x2uUjLSYPRt8WhqPUehlrD35o36iIFpujKTIMiMwqRlUzHCfKT-a87fzfu77qvEv_EILRZACrgrNglyzx3QGI1aLE9B5cVrP9SoNdw/s35/cinta-indonesia.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More