blog-indonesia.com

Senin, 11 Februari 2013

ITS Kenalkan Teknologi Motion Capture di Festival Animasi

http://image.metrotvnews.com/bank_images/actual/130089.jpgSurabaya | Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar Festival Animasi 2013 untuk pelajar SMK dan umum di Surabaya pada 12-17 Februari.

"Kalau kita cek wikipedia, maka kita akan tahu bahwa wayang adalah akar dari animasi, karena ada cerita, narasi, musik," kata ketua panitia Festival Animasi (FA) 2013 Bambang Widjanarko di Surabaya, Minggu (10/2).

Oleh karena itu, kata mahasiswa Pascasarjana Teknologi Game ITS itu, kemampuan budaya itu harus dikembangkan dengan teknologi motion capture. "Teknologi gim itu ada unsur art dan unsur multimedia," katanya.

Didampingi Kepala Badan Pembinaan Kemahasiswaan ITS Dr Bambang Sampurno, ia menjelaskan sumberdaya manusia Indonesia yang menguasai teknologi gim sebenarnya tidak kalah dari bangsa lain.

"Kekurangan kita adalah kurang percaya diri dan kurang bisa menghargai karya sendiri. Contohnya, banyak gim atau kartun yang dibeli bangsa lain, lalu kita beli lagi, seperti Upin Ipin," katanya.

Padahal, katanya, potensi animasi ke depan cukup besar dan menantang untuk permainan, desain laman, industri, dunia pendidikan, film, dan sebagainya. "Kalau soal cerita, kita justru memiliki banyak," katanya.

Oleh karena itu, ITS menggelar Festival Animasi 2013 untuk mengenalkan teknologi motion capture dan mengembangkan animasi khas Indonesia, sebab animasi dari negara lain hanya mengajarkan kekerasan.

"Misalnya, Doraemon, Sinchan, Donald Duck, dan sebagainya. Padahal, teknologi motion capture bisa membuat animasi berdurasi lima menit akan selesai kurang dari seminggu, bukan enam bulan. Motion capture itu hanya gambar orang bergerak yang ditempeli tokoh kartun," katanya.

Menurut dia, FA 2013 akan diikuti 1.100 peserta dari Surabaya, Yogyakarta, Solo, Bandung, dan sebagainya. "Semua peserta akan terlibat dalam lomba, workshop, dan permainan animasi di lokasi," katanya. (Antara/Ray)


  • Metrotv  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzuKXZz7DA9Y-b0_1ZIg4l1-Si_QQOgNYEZH6g1x2uUjLSYPRt8WhqPUehlrD35o36iIFpujKTIMiMwqRlUzHCfKT-a87fzfu77qvEv_EILRZACrgrNglyzx3QGI1aLE9B5cVrP9SoNdw/s35/cinta-indonesia.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More