blog-indonesia.com

Kamis, 28 Februari 2013

Di Tangan Nur, Sampah Kulit Kerang Jadi Bernilai

Di Tangan Nur, Sampah Kulit Kerang Jadi Bernilai
BANDUNG | Setiap bulan, Nur Handiah mengirimkan empat kontainer hasil kerajinan kerang ke luar negeri. Negara-negara Eropa seperti Jerman, Spanyol, Italia, Inggris, Jerman, dan Prancis, merupakan tujuan favorit. Demikian pula Amerika Serikat.

Nilai pengiriman per bulan berkisar 40-60 dollar AS. Nur bersama suaminya, Jaime Taguba, terus melebarkan sayap. Dua kali dalam setahun, mereka mengikuti pameran internasional, seperti sepekan lalu keduanya berada di Swiss.

Nur dan Jaime berhasil menyulap sampah puluhan kulit kerang menjadi barang berkualitas ekspor sejak awal 2000-an. Tumpukan-tumpukan kulit kerang yang biasa menjadi sampah bagi para nelayan justru diubah menjadi barang-barang indah dan mewah di rumah produksi Multi Dimensi Shell Craft.

Hasilnya tampak di ruang pameran di Jalan Astapada Kavling 130, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon. Berbagai jenis karya berbahan dasar atau berbahan tambahan kerang ada di ruang paling depan itu. Memasuki ruangan itu, mata langsung berpapasan dengan lampu-lampu dan dinding berbalut kulit kerang.

Lampu-lampu itu terdiri dari berbagai bentuk, baik bundar seperti bola maupun dibentuk menyerupai buah-buahan seperti nangka dan duren. Dudukan lampu tak lepas dari kulit kerang. Demikian pula hiasan yang mengitari lampu yang menggantung pada langit-langit. Ruangan itu tampak benar-benar mewah.

Furnitur-furnitur pun tak lepas dari hiasan kulit kerang. Di ruang tengah, jika tak jeli, mata bisa tertipu. Di atas sebuah meja, ada sebuah vas dan bunga anggrek. Nampak seperti bunga asli, tapi sebenarnya semua terbuat dari kulit kerang, mulai daun, bunga, bahkan sampai tatakannya.

Di ruang itu pun, tampak replika beduk yang berlapis kerang serta berbagai kaca cermin yang sisi-sisinya dihiasi kulit kerang. Ada juga replika kerang mutiara tapi terbuat dari kulit kerang-kerang kecil. Tamu pun bisa menemukan barang-barang sederhana, seperti piring, bingkai foto, taplak meja, kotak tisu, dan kalung-kalung.

"Saya ingin semua bisa dibuat dari kerang. Sumber inspirasi dari alam," ujar Nur, saat ditemui, Rabu (27/2).

Menurut Nur, kreavitas seperti itu yang disukai para pembelinya, di dalam negeri atau mancanegara. Dengan penghasilan besar dan jangkauan pasar bertaraf internasional, siapa menyangka bahwa usaha itu berawal dari pekerjaan sambilan.

Nur mengaku menyukai hiasan kerang sejak kecil pada 1970-an. Tapi hingga akhir 1990- an, perempuan itu tak banyak bergelut dengan dunia kerang. Ia berhubungan dengan banyak bahan kimia sedangkan suaminya sebagai seorang kontraktor. Memasuki awal 2000- an, bersama Jamie, Nur menjadi eksportir kulit kerang ke Filipina.

Ia mengumpulkan kerang dari nelayan-nelayan sepanjang pantai utara pulau Jawa. "Ada 16 macam kerang yang saya pakai tapi paling banyak kerang simpling," ujarnya.

Tiap ton kulit kerang dibanderol dengan harga Rp 1,5 juta. Baginya, itu tambahan bagi para nelayan yang memang bukan nelayan khusus pencari kerang. Sambil bekerja, Nur dan Jamie pun belajar.

Dalam waktu singkat, mereka memutuskan untuk menjual produksi kerajinan, bukan lagi bahan baku atau bahan setengah jadi. "Kami mulai serius dan fokus," katanya.

Selama sekitar 13 tahun, jumlah pekerjanya nyaris mencapai tiga belas kali lipat. Ia mengawali usahanya dengan 40 pekerja. "Sekarang, ada 500 pegawai," ujar Nur.

Perempuan itu mengaku bukan orang yang lekas berpuas diri. Ia terus menggali ide-ide kreatif. Otaknya segera bekerja ketika melihat benda-benda yang membuatnya tertarik. Nur memikirkan tentang kemungkinan membuat replika benda itu dari kerang dan mewujudkan ide itu.

Perempuan kelahiran Jawa Tengah itu selalu siap menerima 'tantangan' dari calon pembeli untuk membuat kerajinan kerang sesuai ide pembeli yang tak mudah diwujudkan. Ia mengatakan tak pernah berhenti untuk belajar, termasuk dari orang lain. "Usaha ini dibesarkan banyak orang," katanya.

Satu hal lagi yang menjadi prinsip Nur. "Saya harus menyukai kerajinan kerang supaya orang lain pun bisa menyukainya," ujarnya. Karena itu pula, ia menempeli dinding rumahnya dengan hiasan kerang. Demikian pun isi rumahnya. (Tarsisius Sutomonaio)


  Tribunnews  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzuKXZz7DA9Y-b0_1ZIg4l1-Si_QQOgNYEZH6g1x2uUjLSYPRt8WhqPUehlrD35o36iIFpujKTIMiMwqRlUzHCfKT-a87fzfu77qvEv_EILRZACrgrNglyzx3QGI1aLE9B5cVrP9SoNdw/s35/cinta-indonesia.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More