blog-indonesia.com

Jumat, 18 Januari 2013

UNS Targetkan 10% Penelitian Ilmiah Masuk Jurnal Internasional

Solo Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menargetkan sekitar 10 persen jurnal ilmiah dosen dapat terpublikasikan secara internasional pada 2013 ini.

Upaya ini dilakukan mengingat masih minimnya jumlah publikasi jurnal ilmiah internasional UNS pada tahun – tahun sebelumnya. Hal ini disampaikan oleh Ketua LPPM UNS Prof Dr Ir Darsono Msi.

“Paling tidak sepuluh persen bisa terpublikasi secara internasional. Angka yang dimaksud yakni 10 persen dari 600 orang (dosen) yang aktif dan menjadi ujung tombak kami,” ujar Darsono.

Pada 2012, UNS terbilang minim dalam hal publikasi jurnal ilmiah internasional. Hanya ada sejumlah 22 artikel yang tercantum dalam jurnal internasional.

Disinggung mengenai kendala yang dihadapi oleh para dosen sehingga mengakibatkan minimnya jumlah jurnal ilmiah internasional, dia mengungkapkan hal itu didasari oleh beberapa faktor.

Di antaranya yakni atmosfir internasional yang diakuinya masih belum optimal, dan kendala pemakaian bahasa Inggris yang harus digunakan dalam penulisan jurnal ilmiah internasional. Selain itu masalah biaya juga menjadi salah satu faktor hambatan lainnya.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More