blog-indonesia.com

Selasa, 08 Januari 2013

UI Kampus Terhijau ke-25 Sedunia

http://static.republika.co.id/uploads/images/square/sudut-kampus-universitas-indonesia-ui-depok-jawa-barat-_111010173615-477.jpgJakarta Universitas Indonesia (UI) menempati peringkat ke-25 sebagai kampus terhijau di dunia.

"Penilaian ini berdasarkan UI GreenMetric ranking of World Universities," kata Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Muhammad Anis di Gedung Balairung Depok, Selasa (8/1).

Sementara rangking pertama sebagai kampus terhijau yaitu University of Connecticut, Amerika Serikat. Selanjutnya peringkat kedua yaitu University of Nottingham, Inggris, dan posisi ketiga ditempati University College Cork National University of Ireland, Irlandia.

Perguruan tinggi nasional yang berada di 30 besar lainnya, yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB) yang menempati peringkat ke-27.

Anis mengatakan, UI GreenMetric ranking of World Universities 2012, diikuti 215 perguruan tinggi dari 49 negara. Jumlah tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya diikuti 178 perguruan tinggi.

Beberapa negara yang ikut serta adalah Cina, Fiji, Finlandia, Yunani, Hong Kong, Meksiko, Chile, Afrika Selatan, Palestina, Vietnam, Inggris, Amerika Serikat dan lainnya.

UI GreenMmetric World University Ranking merupakan lembaga pemeringkatan perguruan tinggi terbaik di dunia yang memiliki komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus.

UI GreenMetric telah diterima sebagai anggota IREG Observatory (International Ranking Expert Group) secara resmi pada Konferensi IREG-6 bulan April 2012 di Taipei. IREG merupakan lembaga internasional yang berperan sebagai penjamin mutu lembaga pemeringkatan yang ada di dunia.

Pemeringkatan UI GreenMetric World University 2012 dilandasi tiga filosofi dasar yaitu enviroment, economic, dan Equity. Metodologi dan survei dilakukan oleh tim UI GreenMetric salah satunya dengan mengembangkan bobot indikator penilaian yang terdiri dari statistis kehijauan kampus (15 persen).

Selanjutnya pengelolaan sampah (18 persen), energi dan perubahan iklim (21 persen), penggunaan air (10 persen), tranportasi (18 persen), dan pendidikan (18 persen).


ۥ Republika

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More