blog-indonesia.com

Jumat, 18 Januari 2013

UGM Dorong Pusat Studi Bersinergi

Yogyakarta | UGM mendorong kerjasama antarpusat studi di lingkungannya dalam melaksanakan kegiatan riset multidisipliner. Dengan sinergi tersebut nantinya diharapkan semakin banyak memberikan kontribusi dalam membangun ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

''Harapannya pusat studi bisa berkolaborasi dengan sesama pusat studi, juga dengan fakultas dalam sistem pendidikan,'' jelas Rektor UGM Prof Dr Pratikno MSocSc dalam acara pelantikan lima Kepala Pusat Studi UGM di ruang Multimedia kantor pusat UGM.

Kelima Kepala Pusat Studi yang dilantik adalah Dr Bambang Hudayana MA sebagai Kepala Pusat Studi Pedesaan dan Kawasan, Prof Dr Mohtar Mas’oed MA sebagai Kepala Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian, Prof dr Hari Kusnanto Josef PhD sebagai Kepala Pusat Studi Lingkungan Hidup, Dr Ir Ambar Kusumandari MES sebagai Kepala Pusat Studi Agroekologi, dan Drs Riza Noer Arfani MA sebagai Kepala Pusat Studi Perdagangan Dunia.

Dia menambahkan, melalui kerjasama tersebut pusat studi diharapkan mampu mengembangkan data base riset dan publikasi ilmiah yang hasilnya dapat digunakan untuk advokasi terhadap kebijakan pemerintah. Bahkan dapat mengembangkan kemandirian di masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat. ''Juga mendelivery produk-produk pusat studi ke industri,'' jelasnya.

Dikatakannya, kedepan berencana untuk mengembangkan pola organisasi berbentuk konsorsium yang mewadai kegiatan riset multidisipliner oleh pusat studi. ''Kita rencanakan bentuk konsorsium agar ada leading unit dalam melakukan riset bersama, namun didalam dikerjakan secara kolektif,'' tambahnya.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More