blog-indonesia.com

Kamis, 03 Januari 2013

Dahlan berambisi 'kuasai' Timor Leste

http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2013/01/03/133934/250x125/dahlan-berambisi-039kuasai039-timor-leste.jpgMenteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan akan berkunjung ke Timor Leste pada 18 Januari 2013. Dalam kunjungannya nanti, Dahlan akan melihat dan menjajaki potensi bisnis yang bisa dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan BUMN di negara yang pernah menjadi bagian dari wilayah Indonesia tersebut.

Dahlan berambisi 'menguasai' Timor Leste. Dia menyebut, salah satu potensi yang yang bisa dijajaki perusahaan pelat merah di sana adalah pengadaan listrik.

Dahlan akan mendorong perusahaan BUMN ekspansi ke Timor Leste. "Nanti saya ke sana melihat peluang bisnis yang bisa diambil BUMN. Apalagi BUMN akan bisa masuk ke Timor Leste secara besar besaran. Dan pengembangan listrik sangat bagus dilakukan di sana," ucap Dahlan di Kementerian BUMN, Kamis (3/1).

Pengembangan bisnis BUMN ini merupakan lanjutan pembangunan yang pernah dilakukan Indonesia di Timor Leste yang dahulu bernama Timor Timur. Selain pengadaan listrik, bisnis penyaluran minyak di Timor Leste juga dinilai memiliki prospek yang cukup cerah.

"Dulu kita bangun banyak, kita akan teruskan itu. Sehingga misalnya penyaluran minyak. Tapi kita akan berjuang di kelistrikan dulu. Nanti saya lihat ke sana dan kita ingin berperan secara ekonomi di Timor Leste," tegasnya.

Tidak sampai di situ, Dahlan bermimpi membangun pelabuhan dan perkebunan karena potensinya yang cukup menjanjikan. Namun, untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Timor Leste, BUMN harus bersaing dengan negara lain dalam tender Internasional.

"Listrik, pelabuhan, perkebunan, sama penyaluran BBM nanti akan saya lihat. Kita juga bisa jual BBM ke sana dengan harga komersial. Pertamina juga sudah siap. Tapi kita harus bersaing dengan Portugal, Australia, Singapura," tutur Dahlan

Dahlan menyebut, salah satu perusahaan BUMN yang sudah menancapkan kuku di Timor Leste adalah Bank Mandiri. Bahkan, bank pelat merah tersebut sudah cukup sukses di Timor Leste. "Mandiri sudah terbesar di sana," tutupnya.(mdk/noe)

Dahlan pede Telkom akan kuasai telekomunikasi Timor Leste

http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2013/01/03/133928/250x125/dahlan-pede-telkom-akan-kuasai-telekomunikasi-timor-leste.jpgMenteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan akan meresmikan gerai Telkom pertama di Timor Leste pada 18 Januari 2013. Pembukaan gerai ini disebut-sebut sebagai langkah Telkom untuk menguasai telekomunikasi di negara yang melepaskan diri dari Indonesia pada 1999 tersebut.

Dahlan mengakui langkah Telkom menguasai Timor Leste tidaklah mudah. Sebab, harus bersaing dalam tender kelas dunia.

"Telkom harus kuasai Timor Leste yang sekarang di kuasai oleh Portugal," ungkap Dahlan ketika ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (3/1).

Gerai Telkom ini nantinya akan berbentuk anak usaha yang telah memperoleh izin dari pemerintah negara tersebut. Telkom akan mengembangkan telekomunikasi dalam berbagai bentuk wireless internet.

"Telkom harus all out, dan dalam kurun waktu waktu tertentu Telkom harus kuasai. Targetnya pokoknya Telkom menguasai telekomunikasi Timor Leste," tambahnya.

Dalam pengoperasiannya, Telkom akan menggandeng Bank Mandiri dalam hal penyimpanan keuangan. Mandiri, lanjut Dahlan, saat ini sudah menjadi salah satu bank terbesar di Timor Leste.

"Mandiri sudah terbesar di sana. Keuangan Telkom nanti dipegang sama Mandiri," tutup Dahlan.(mdk/noe)


Merdeka

1 komentar:

Lebih baik kerja keras untuk membangun NTB & NTT pak supaya cepat maju. Timor Leste gak usah dipikirin, dia dulu memilih ikut hasutan australia dibandingkan ikut Indonesia. Biar saja tuannya yg baru ( australia) yg ngurusi dia. Terbukti sampai saat ini dibawah pengaruh australia Timor Leste tdk berkembang.

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More