blog-indonesia.com

Selasa, 01 Januari 2013

Bandara Supadio Bangun Landasan Pacu Baru

Angkas Pura II sejak 2010 membenahi bandara Supadio, Pontianak.

http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQTXODeEwW3a-ZEjwCb9L_8uy_8V1LlKueTAyFOY_Brt8sMz4nYqWXg8QkPontianak | Angkasa Pura II terus melakukan perbaikan terhadap bandara Supadio, Pontianak. Salah satunya adalah dengan melakukan penebalan runway bandara yang terletak di Kalimantan Barat ini.

Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura II, Trisno Heryadi, menjelaskan  sejak 2010, AP II telah melakukan program pelebaran runway dari lebar semula 30 meter menjadi 45meter. Pada kurun waktu yang sama, telah dilakukan pula upaya overlay (penebalan) pada beberapa bagian.

Selain itu, Angkasa Pura II bekerjasama dengan LAPI ITB dan Laboratorium Pekerjaan Umum Bandung melakukan penelitian terhadap landasan pacu Bandara Supadio.

"Hasil penelitian tersebut merekomendasikan dilakukannya overlay terhadap landasan pacu secara menyeluruh dengan menggunakan hotmix formula khusus sesuai hasil kajian," katanya dalam keterangan tertulis, Senin 31 Desember 2012.

Selain itu, masih di 2012, Angkasa Pura II juga telah melakukan perbaikan dengan meningkatkan ketebalan landasan pacu (leveling) pada titik-titik tertentu untuk menghilangkan genangan air (ponding water) saat hujan terjadi.

Di sisi lain, program perawatan penghilangan kandungan karet bekas tapak ban (rubber deposit) juga dilakukan dengan melakukan pengerokan permukaan landasan.

Upaya lain yang telah dilakukan pada tahun 2012 adalah menguji tingkat kekesatan landasaan pacu dengan menggunakan Mu Meter. Hasil pengujian menyebutkan bahwa tingkat kekesatan runway Bandara Supadio masih di atas index 0.6.

Jika dikonversi dengan katentuan dalam document ICAO, level index tingkat kekesatan yang diperoleh dari hasil pengetesan masih berada di atas batas standar.

Di tahun yang sama, Angkasa Pura II juga telah menuntaskan proses tender pekerjaan overlay lanjutan terhadap landasan Bandara Supadio.

"PT Waskita Karya selaku pemenang tender tersebut akan memulai pekerjaan pada awal Januari 2013 mulai pekerjaan dengan taget 6 bulan selesai. Overlay ini akan menambah umur performance runway Supadio hingga 3-4 tahun ke depan," katanya.

Kemudian, untuk 2013-2014, AP II memprogramkan pembangunan landasan pacu baru dan perpanjangan runway dari 2.250 meter saat ini menjadi 2.500 meter.

"Pekerjaan bersifat multiyears ini direncanakan akan dimulai pada Juli 2013, dengan memanfaatkan rentang penambahan usia performance Bandara, pasca overlay pada Januari mendatang," katanya.(adi)


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More