blog-indonesia.com

Selasa, 04 Desember 2012

Trisakti Akan Menjadi PTN

JakartaKementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengambil alih Universitas Trisaksi, untuk dijadikan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Hal itu menjadi solusi dari konflik berkepanjangan yang terjadi antara pihak Rektorat dengan yayasan.

"Melihat pengalaman Trisakti yang sudah panjang dalam mengelola dirinya sendiri, dan dalam Undang-Undang Dikti ada yang disebut dengan PTN Badan Hukum (BH), jadi bisa arahnya Trisakti akan mengambil bentuk PTNBH," ungkap Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat Pendidikan Tinggi, Kemdikbud, Achmad Jazidie, seusai dialog publik tentang Penyelesaian Masalah Penyelenggaraan Pendidikan di Universitas Trisakti, di Gedung Kemdikbud, Senin (3/12).

Dikatakannya, pemerintah tidak bisa tinggal diam, dan harus segera menyelesaikan konflik yang terjadi di tubuh universitas tersebut. Dialog tersebut akhirnya membuahkan hasil, kedua belah pihak meminta pemerintah untuk mengambil alih penyelesaian konflik internal tersebut.

Pola PTNBH itu juga terdapat pada eks tujuh PTN Badan Hukum Milik Negara (BHMN). Dimana mereka memiliki otonomi secara penuh, meskipun ada intervensi dari pemerintah. "Sama seperti eks tujuh BHMN, punya otonomi penuh," imbuhnya.

Untuk selanjutnya, dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengumpulkan kembali kedua belah pihak untuk melakukan rekonsiliasi. Diharapkan, keduanya dapat dapat sama-sama legowo untuk menyelesaikan permasalahan. Jika tidak segera diselesikan, maka masalah tersebut akan terus berlarut.

"Kita akan undang dari pihak yayasan, rektorat, pengamat, dan pada akhirnya ditegaskan kembali untuk diambil alih pemerintah," tuturnya.


Suara Merdeka

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More