blog-indonesia.com

Rabu, 12 Desember 2012

Tiket Monorail Dipatok Rp 9 Ribu

http://img.beritasatu.com/images/medium/05122012213414.jpgJakarta PT JM mengajukan harga tiket Rp 9.000 dengan rute sepanjang 30 Kilometer.

Warga Jakarta bakal menikmati moda transportasi monorel pada 2015 dengan harga tiket Rp 9.000. Demikian hasil pemaparan PT Jakarta Monorail (JM) pada 7 Desember lalu di Balaikota, Jakarta.

“PT JM mengajukan harga tiket Rp 9.000 dengan rute sepanjang 30 Kilometer dari Rute Jalur Hijau 14,5 kilometer yang dimulai dari Kuningan, Dukuh Atas, Pejompongan, Senayan, Gatot Subroto, SCBD  dan Jalur Biru 15,5  kilometer yang dimulai dari Kampung Melayu, Tebet, Casablanca, Tanah Abang, Mall Taman Anggrek,” ungkap juru bicara JM Bovananto kepada Beritasatu.com, Selasa (11/12)

Bovananto menjelaskan, konsorsium baru PT JM terdiri dari 90 persen investor baru dan 10 persen pemilik lama. Investor baru dari perusahaan swasta nasional. Seluruh pembiayaan ditanggung 30 persen dari modal konsorsium dan 70 persen dari pembiayaan perbankan.

”Perlu diketahui, PT Adhi Karya juga bagian dari konsorsium lama PT Jakarta Monorail,” tambahnya dalam keterangan tertulis kepada Beritasatu.com.

Bovananto mengatakan total investasi untuk jalur ini Rp 6,9 triliun terdiri dari modal konsorsium  Rp 2,3 Triliun dan pinjaman dana Rp 4,6 triliun oleh pendanaan swasta tanpa dibiayai dari APBN atau APBD. Perihal Konsorsium PT JM sejak dulu tidak mampu menyelesaikan proyek monorail, itu tidak benar.

"Kesiapan finance kita pada saat itu sangat siap dengan dukungan dari Dubai Islamic Bank dan beberapa perbankan nasional. Hanya saat pergantian kepemimpinan DKI tahun 2007 kita ketahui bahwa ada keinginan Pemprov untuk meredefinisi  proyek yang tentunya akan mempengaruhi berbagai skema investasi. Redefinisi itu antara lain dihilangkannya trase Blue Line, juga adanya wacana Pemprov DKI untuk menjadikan rute tersebut Bus Layang di jalur Monorail," paparnya.


Berita Satu

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More