blog-indonesia.com

Selasa, 18 Desember 2012

Operator akan bersaing di layanan WiFi tahun depan

http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRn_yayGeEYVCHL4GDAz0anQC8coqnca_W2UJ_2yeQNpQguZYX7poTEygJakarta Hampir seluruh penyedia jaringan telekomunikasi (operator) di Indonesia akan menyediakan layanan akses Internet nirkabel (Wireless Fidelity/WiFi) pada 2013, demikian dikatakan Analis Senior Telekomunikasi International Data Corporation (IDC) Indonesia, Meriska Elfiarini.

"Mereka (operator) akan beralih ke bisnis digital dengan menyediakan WiFi seperti Telkom, Telkomsel, dan Indosat," kata Meriska selepas jumpa pers 10 Prediksi teknologi informasi dan telekomunikasi (TIK) IDC di Indonesia, di Jakarta, Senin.

Meriska mengatakan dua operator itu memang gencar mempromosikan layanan WiFi untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas data di kanal 2G dan 3G.

Selain itu, WiFi juga digunakan sejumlah operator sebelum mengembangkan jaringan long term evolution (LTE) atau 4G yang diperkirakan mulai pada akhir 2013 atau awal 2014.

"Iya (menggantikan posisi base transceiver station/BTS). Tapi memang layanan mereka masih terbatas di beberapa area seperti kampus, pusat perbelanjaan, atau gedung-gedung tertentu," katanya.

Para operator itu, menurut Meriska, tidak mempunyai kendala untuk mengembangkan layanan WiFi mereka.

"Mereka (operator) telah membuat kartu data 3G yang menjadi nilai jualan baru," katanya.

Operator-operator yang menyediakan layanan WiFi, lanjut Meriska, yaitu Telkomsel Mobile WiFi Seamless, Indosat Super WiFi, XL dengan layanan 3G HotRod, dan Axis akan menyusul pada 2013.

"Telkomsel dengan dukungan Telkom saya kira (jaringan WiFi) akan kuat di pulau Jawa, tapi untuk operator lain mungkin hanya kuat di Jakarta saja," katanya.(I026)


Antara

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More