blog-indonesia.com

Sabtu, 15 Desember 2012

Laboratorium Jawa di IAIN Surakarta

Foto : IAIN Surakarta/Facebook IAIN SurakartaSolo Laboratorium fisika dan kimia tentu sudah biasa. Di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, terdapat laboratorium baru yang sangat unik, yakni Laboratorium Jawa.

Menurut Kepala Pusat Bahasa dan Budaya IAIN Surakarta Abdullah Faisol, laboratorium Jawa ini dipakai sebagaia tempat untuk mengkaji berbagai kitab atau benda yang berkaitan dengan Jawa.

“Untuk sementara sebagai tempat studi berbagai hal tentang Jawa, melalui kitab Jawa dan benda-benda mati lainnya,” jelas Abdullah Faishol saat ditemui wartawan, di Kampus IAIN Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (15/12/2012).

Faishol mengatakan, pendirian laboratorium memang baru digagas pada 2012 dan beberapa saat kemudian didirikan. Namun keberadaan laboratorium Jawa ini belum masuk kurikulum atau pusat studi pengembangan. “Bahkan saat ini memang belum ada pengembangan dalam bentuk lembaga atau pusat studi,” jelasnya.

Dia menambahkan, ke depan akan tetap dikembangkan baik untuk pembelajaran maupun penelitian mahasiswa dan dosen. "Mungkin pada tahun depan bisa mulai ada pengembangan kajian budaya Jawa," terangnya.

Di tempat terpisah, Pembantu Rektor II IAIN Surakarta Rahmawan Arifin mengungkapkan, pembangunan laboratorium Jawa ini di IAIN Surakarta sesuai dengan program kampus yang ingin mengembangkan budaya Jawa dalam berbagai aspek yang dirintis mulai tahun ini.(mrg)


Okezone

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More