blog-indonesia.com

Sabtu, 29 Desember 2012

Ditemukan, Bukti Baru Jaman Megalitikum di Sumsel

 Penemuan-penemuan benda bersejarah itu menjadi bukti tingginya peradaban di daerah itu. 

Palembang Balai Arkeologi Palembang menemukan bukti baru zaman megalitikum di Goa Napal Licin, Kabupaten Musirawas. Bukti tersebut berupa gundukan batu dan peralatan zaman batu.

"Penelitian sebelumnya berhasil membuktikan adanya candi berupa gundukan batu bata," kata Kepala Balai Arkeologi (Balar) Palembang Nurhadi Rangkuti ketika dihubungi, di Palembang, Sabtu (28/12).

Menurut dia, sepanjang tahun 2012 pihaknya melakukan sejumlah penelitian khusus di Sumatera Selatan yang terbagi di beberapa lokasi.

Di Kabupaten Musirawas, penelitian difokuskan di kawasan Goa Napal Licin Kecamatan Ulu Rawas. Hasil penelitian menemukan, sejumlah candi dan bukti-bukti kehidupan manusia pra sejarah lainnya seperti peralatan batu.

"Indikasi benda megalitikum lainnya juga ditemukan berupa batu silendris yang bentuknya mirip dengan temuan di Jambi," kata Nurhadi.
Nurhadi menambahkan, pihaknya juga melanjutkan penelitian-penelitian pada sejumlah daerah, seperti di daerah Kabupaten Lahat, Pagar Alam dan Ogan Komering Ulu Selatan.
Penemuan-penemuan benda bersejarah, seperti lumpang batu, candi dan benda-benda megalitikum menjadi bukti tingginya peradaban di daerah itu.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More