blog-indonesia.com

Sabtu, 29 Desember 2012

Dahlan akan realisasikan hasil penelitian UGM

Menteri BUMN Dahlan Iskan berjanji akan merealisasikan sembilan hasil temuan di bidang farmasi yang telah ditemukan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Realisasi hasil temuan tersebut akan disalurkan melalui perusahaan farmasi pelat merah.

Kesembilan temuan farmasi itu di antaranya adalah penemuan obat diabetes, penemuan obat anti kolesterol, penemuan obat analgesik, bahan-bahan pengganti tulang, bahan-bahan pengisi tulang dan alat-alat kesehatan.

"Sembilan hasil penelitian langsung diterapkan dalam waktu dekat," ungkap Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan usai bertemu dengan civitas akademika UGM, termasuk Rektor UGM Pratiknyo dan beberapa perusahaan farmasi yang ada di bawah BUMN di Indonesia, Jumat (28/12), di Balai Senat UGM, Balaiurung, Sleman, Yogyakarta.

Dahlan mengatakan, salah satu perusahaan yang dapat merealisasikan penemuan-penemuan tersebut adalah Kimia Farma. "Sudah ditetapkan tidak perlu ada MoU, Juli 2013 harus sudah diproduksi. Juga soal mengisi kekroposan tulang. Ternyata UGM juga menemukan bahan untuk menormalkan diabetes. Sudah lama, tapi belum diproduksi. Juli juga diproduksi," jelas Dahlan.

Rektor UGM Pratikno menjelaskan selain melakukan pertemuan dengan Dahlan Iskan, civitas akademika UGM juga bertemu dengan perusahaan farmasi dan kesehatan di bawah BUMN untuk membicarakan realisasi temuan di bidang farmasi tersebut.

Pratikno menjelaskan langkah ini sebagai wujud bahwa UGM tidak hanya sebatas melakukan penelitian saja. Namun, hasil penelitian kita lempar ke masyarakat agar berguna bagi kehidupan masyarakat yang membutuhkan.

"Intinya adalah UGM tidak ingin berhenti hanya lahirkan prototipe di laboratorium. Kita ingin itu bener-bener terdeliver di industri. Makanya selesai sepakat untuk sepakati apa yang diproduksi siapa dan kapan," pungkas Pratikno. (mdk/rin)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More