blog-indonesia.com

Rabu, 05 Desember 2012

Bos Youtube Apresiasi Transparansi Jokowi - Ahok

http://img.beritasatu.com/images/medium/30112012140242.jpgWakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat menggelar rapat dengan para pejabat BPMP dan Dinas Tata Ruang DKI Jakarta.

Jakarta � Saya kira anak-anak muda asal Indonesia ini telah membuat sebuah video yang kreatif," Adam Smith

Pasangan  Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama, ternyata tidak hanya fenomenal di mata masyarakat Jakarta khususnya atau Indonesia pada umumnya. Salah seorang petinggi Youtube, layanan populer berbagi video di internet, bahkan tidak sungkan memuji kreatifitas dan tranparansi keduanya.

Hal tersebut terungkap saat Adam Smith, Head of YouTube Asia Pacific, berbicara di hadapan puluhan wartawan se-Asia dan Australia, dalam acara Google Press Event yang digelar di kantor Google di Singapura, Senin (3/12) kemarin.

"(Video) Yang ini cukup menarik. Saya kira anak-anak muda asal Indonesia ini telah membuat sebuah video yang kreatif," ungkap Smith, sambil memutar video dimaksud, yang kemudian sempat mengundang tawa dan senyum beberapa wartawan asing di ruangan itu.

Video yang dimaksud Smith tak lain adalah lagu "Jokowi dan Basuki - What Makes You Beautiful (Parody)" karya Cameo Project, lengkap dengan English subtitle-nya. Smith sendiri lantas sempat menjelaskan sedikit background keberadaan video itu, yang sebagaimana diketahui, memang sengaja dibuat dan diluncurkan sebagai dukungan bagi Jokowi-Basuki di Pemilukada DKI Jakarta beberapa bulan lalu.

"Saya tak peduli apa hasilnya (pilkada itu), tentu saja, saya  benar-benar tak peduli. Tapi Widodo (Jokowi) ternyata memenanginya dan apa yang kemudian menarik adalah bahwa tak lama setelah dia resmi menjabat, pemerintahan Widodo mulai mem-posting video-video rekaman rapat-rapat resmi mereka di Youtube dalam rangka transparansi," tutur Smith.

Pembicaraan mengenai Jokowi ini menjadi bagian dari sejumlah contoh yang diutarakan Smith, terkait kreativitas pengguna Youtube yang notabene juga telah menarik banyak perhatian alias view di situsnya.

Beberapa contoh lain yang juga ditampilkan oleh Smith adalah sejumlah musisi bertalenta asal Asia Tenggara, macam Charice (Filipina), juga Gamaliel and Audrey (Indonesia). Tentu saja, bintang Korea, Psy yang luar biasa fenomenal, tak ketinggalan dibahas oleh Smith.

"Beberapa bulan lalu, berapa orang di antara Anda yang bukan berasal dari Korea yang sudah mengneal Psy? Sekarang, semua orang tampaknya kenal Psy. Presiden (Barack Obama) suatu kali pernah ditanya apakah dia kenal Psy, dan dia (malah) menjawab, "Saya kira saya bisa melakukan tarian (ala Psy) itu'," ujar Smith menirukan Obama.

Poin penting kesimpulan yang sengaja digaris bawahi Smith adalah bahwa internet sebenarnya (berfungsi) melestarikan sekaligus juga bisa menciptakan kebudayaan baru. Contoh lain yang sempat disampaikannya  sebelumnya adalah Tollywood, semacam istilah untuk industri perfilman masyarakat Telugu di India, yang oleh banyak orang mungkin terdengar asing meski produksi filmnya mencapai ratusan setiap tahun. Lebih dari  100 video Tollywood, menurut Smith pula, kini ada di YouTube.

"Saat ini, (layanan) Youtube tersedia dalam 61 bahasa. Kami ingin  membuatnya tersedia dalam semua bahasa... Kami ingin membuatnya bisa ditonton di mana saja (di dunia)," ungkap Smith lagi, sambil merefleksikan pencapaian, sekaligus visi ke depan Youtube yang tercatat baru berusia tujuh tahun.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More