blog-indonesia.com

Rabu, 05 Desember 2012

Batam "sulap" sampah jadi energi

http://img.antaranews.com/new/2012/10/thumb/20121019Sampah-Penyebab-Banjir-191012-MAR-1.jpgBatam Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, berencana mengelola sampah menjadi energi.

"Dalam kajian terakhir, sampah bisa dikelola menjadi energi," kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertanaman Kota Batam Sulaeman Nababan, di Batam, Rabu.

Pemerintah Kota Batam bersama Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional bersama mitranya PT SMI berencana mengelola sampah di Batam dengan menggandeng penanam modal asing.

Tim pengkaji dari PT SMI, mengajukan beberapa rencana pengelolaan limbah, kata dia, di antaranya "land fill" dan "waste energy".

Menurut dia, pengelolaan energi limbah yang paling efektif karena mampu bertahan selama 32 tahun. Sedangkan "land fill" hanya selama enam hingga sembilan tahun.

Mengenai pengelolaan limbah, ia mengatakan menunggu proses penawaran penanam modal. Rencananya tender dilakukan Maret sampai Juni 2013.

Kota Batam menghasilkan 460 ton sampah domestik setiap hari. Ia mengatakan volume itu cukup untuk dijadikan energi limbah.

Di tempat yang sama, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan mengatakan diharapkan pengelolaan sampah oleh swasta bisa dilaksanakan 2014.

Wali Kota menyatakan ada lima perusahaan asing yang menyatakan tertarik menangani sampah.(ANTARA)


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More