blog-indonesia.com

Minggu, 09 Desember 2012

Awasi BBM, Pertamina Anggarkan Rp 800 Miliar untuk Pasang IT

Sistem IT Monitoring ini kini tengah diuji coba di Kalimantan.

http://us.media.viva.co.id/thumbs2/2008/10/06/54994_spbu_pertamina_209_157.jpg
SPBU Pertamina
Jakarta PT. Pertamina Persero Tbk akan memasang sistem Informasi Teknologi (IT) Monitoring untuk mengawasi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Dirut Pemasaran dan Niaga Pertamina, Hanung Budya, mengatakan Pertamina telah mengeluarkan anggaran sebesar Rp 800 miliar untuk pemasangan IT tersebut. Proses tender IT itu telah berjalan sejak awal tahun, dan kini sudah ada pemenangnya.

“Kami targetkan dalam satu tahun, IT Monitoring ini sudah ada di seluruh Indonesia. Pertengahan tahun 2013 diharapkan bisa beroperasi di seluruh SPBU,” kata Hanung di sela acara Pertamina Days di Jakarta, Sabtu 8 November 2012.

Sistem IT tersebut tengah diuji coba di Kalimantan Tengah. Dengan sistem ini, Pertamina dapat  mencatat semua transaksi BBM di SPBU secara akurat. Pertamina juga bisa mencatat perilaku pembelian pelanggan, baik volume, waktu, lokasi SPBU, sampai kewajaran pembelian.

“Kami berharap uji coba ini positif sehingga alat ini bisa menjadi payung hukum untuk mengendalikan penggunaan BBM,” ujar Hanung.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa meminta PT. Pertamina untuk menyiapkan teknologi guna mendukung  program pembatasan BBM bersubsidi. Ini merupakan terobosan di tahun 2013.

Menurut Hatta, teknologi tersebut bisa mengetahui cara pengisian BBM secara otomatis, dan berapa kapasitas pengisian. Teknologi ini diyakini dapat menghilangkan pencurian minyak di daerah-daerah seperti Kalimantan yang kerap mengalami kelangkaan BBM. (adi)

Ajak Ramah Lingkungan

Melalui Pertamina Days, perusahaan energi terbesar di Indonesia ini menegaskan tekad dan sekaligus mengajak masyarakat memberdayakan sumber energi ramah lingkungan.

Ajang yang berlangsung di Parkir Timur Senayan, 7-9 Desember ini merupakan bagian dari ulang tahun Pertamina yang mengusung tema "55 Tahun Pertamina Sobat Bumi".

Di usia lebih dari setengah abad, Pertamina telah dan akan terus mendedikasikan untuk bangsa dan senantiasa menjadi pilar pembangunan nasional melalui sektor energi.

Sesuai dengan visi barunya sebagai Perusahaan Energi Kelas Dunia, dan konsep bauran energi pemerintah, Pertamina secara bertahap akan lebih memberdayakan sumber energi ramah lingkungan dan sumber energi terbarukan seperti geothermal, gas, solar cell, biofuel, waste energy dan energi terbarukan lainnya.

”Dan tentu saja, Pertamina Days kami harapkan menjadi ajang unjuk gigi dari seluruh direktorat Pertamina sehingga diharapkan masyarakat semakin tahu dan mengerti tentang bisnis Pertamina,” katanya. (adi)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More