blog-indonesia.com

Selasa, 13 November 2012

Meraup Rupiah dari Blogging

http://statik.tempo.co/data/2009/11/23/id_22031/22031_275.jpgMakassar - Tergoda untuk menghasilkan sejumlah rupiah dari hasil blogging menjadi motivasi utama Ariadi mengikuti pelatihan bertema “Blogpreneur” di gedung Lembaga Administrasi Negara Antang, Makassar, Sabtu lalu. Kursus itu membahas bagaimana menghasilkan rupiah dari blogging.

“Teman-teman saya sudah banyak yang berhasil. Namun saya sendiri belum bisa, belum menguasai tekniknya,” kata warga Kabupaten Maros ini.

Bukan hanya Ariadi, para peserta “Kopdar Blogger Nusantara” ini tampak antusias memperhatikan materi yang dibawakan oleh Asri Tadda, blogger profesional dari Makassar, yang juga Direktur Utama PT AstaMedia Group. Mereka ingin belajar menjadi blogger profesional, yang tak hanya menulis di blog untuk kesenangan, tapi juga untuk bisnis.

Memang, banyak orang yang menekuni kegiatan blogging sekadar untuk menyalurkan kesenangan menulis. Tapi, bagi mereka yang ingin serius di bidang ini, blog ternyata bisa menjadi pilihan profesi yang menjanjikan profit tidak sedikit.

Menurut Asri, penghasilan yang bisa diperoleh seorang blogger bisa sampai puluhan juta rupiah per bulan. Bahkan, untuk seorang yang aktif melakukan update di blog, dia mengatakan penghasilan yang bisa diperoleh bahkan hingga ratusan juta rupiah. “Asalkan artikelnya benar-benar menarik dan memang banyak dicari orang,” katanya.

Penghasilan bisa berasal dari iklan produk. Namun, Asri menyarankan agar seorang blogger pemula sebaiknya tidak terlalu berorientasi pada profit. “Cukup menulis secara rutin untuk dimuat di blog, nanti iklannya datang sendiri,” ucapnya.

Asri menjelaskan bahwa sebuah perusahaan bisa menawarkan iklan ke blog kita dengan melihat jumlah kunjungan pembaca ke blog tersebut. Jumlah pembaca bisa diketahui dari data yang tersimpan di mesin pencari, seperti Google.

Selain rajin meng-update, kita mesti pandai-pandai melihat tren blog, termasuk melihat jenis artikel apa yang paling banyak dicari oleh pengunjung.

Blogger yang serius, kata Asri, sebaiknya mengisi satu blog miliknya dengan satu tema saja, untuk memudahkan pembaca. Jika ingin menulis dengan tema berbeda, blogger bisa membuat blog lebih dari satu dan berfokus pada tema tersebut.

Asri mengungkapkan, manfaat menjadi blogger itu telah ia rasakan. Jumlah blog yang dikelolanya saat ini mencapai 1.000 alamat. Namun, agar tidak kerepotan mengelola dan melakukan update, dia merekrut karyawan yang bertugas memperbarui artikel. Dari semua blog yang dikelola Asri, omzet yang diperolehnya juga lumayan. “Dalam sebulan, omzetnya di atas seratus juta,” katanya.

Seperti Asri, Syarifullah Daeng Gassing juga mampu meraup rupiah. “Semuanya merupakan buah keseriusan menjadi blogger,” kata anggota Komunitas Anging Mammiri, sebuah komunitas blogger yang paling aktif di Makassar dan menjadi penyelenggara acara “Kopdar Blogger Nusantara”.

Kegiatan bertajuk “Kopdar Blogger Nusantara” ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan oleh Komunitas Blogger Nusantara. Pada 2011, acara serupa dilaksanakan di Sidoarjo, Jawa Timur. Saat itu, jumlah peserta yang hadir jauh lebih banyak, sekitar 1.500 orang. Di Makassar kali ini jumlah peserta mencapai 600 orang.


© Tempo.Co

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More