blog-indonesia.com

Jumat, 02 November 2012

Indonesia Student Leadership Camp- Membentuk Pemimpin Muda

http://www.seputar-indonesia.com/publics/imagecache/detail/11/images/news/02%20November%202012/20121102megapolitan.jpg
Peserta ISLC tengah mendengarkan pidato di kampus Universitas Indonesia, Depok, kemarin. Acara ini untuk membentuk jiwa kepemimpinan bagi para ketua OSIS.

Depok – Indonesia Student Leadership Camp (ISLC) kembali dibuka kemarin.Kegiatan ini merupakan penyelenggaraan yang kedua.

Program yang digagas Indonesia Leadership Development Program Universitas Indonesia (ILDP UI) ini sebuah sarana pembinaan dan pelatihan kepemimpinan bagi 100 ketua OSIS SMA/sederajat terpilih se-Indonesia.Tahun ini ISLC diselenggarakan di UI Depok pada 1-4 November 2012 dengan tema ”Bangunlah Putra- Putri Ibu Pertiwi”.

Salah satu media partner dalam acara ini adalah Sindonews.com. Serangkaian acara dalam Program ISLC 2012 dirancang untuk menggugah para peserta untuk peduli terhadap permasalahan sekitar dan menuntun mereka mengambil aksi nyata sebagai seorang pemimpin.Dalam acara ini peserta dapat bertemu langsung dan mendengarkan kisah-kisah inspiratif dari para tokoh nasional yang dihadirkan pada sesi talkshow, workshop,dan dialog inspiratif. Para peserta juga diberi kesempatan berkunjung ke lembaga- lembaga negara dalam sesi institutional visit.

Tujuan Program ISLC adalah memberikan inspirasi berkarya bagi para calon pemimpin bangsa sehingga kelak dapat menjadi pemimpin muda yang cerdas, peduli, dan solutif terhadap permasalahan di sekitarnya. ”Kami menyeleksi seluruh ketua OSIS se-Indonesia secara esai dan melalui CV. Seluruh peserta ini akan langsung menjadi anggota Forum OSIS yang telah lahir dari program terdahulu. 100 peserta yang ikut adalah ketua OSIS terbaik yang lolos seleksi,” kata Officer Project ISLC 2012 Rindi Danika Sari kemarin. Dari seluruh wilayah,Medan dan Aceh menjadi kota dengan peserta terbanyak. Keduanya mengirimkan tujuh ketua OSIS.

”Mereka akan menjadi agent of change.Visi kami adalah mengubah paradigma kepemimpinan. Selama ini pemimpin distigmakan sebagai jabatan struktural. Padahal,yang utama jiwa pemimpin itu memimpin diri sendiri,”tambahnya. ISLC lahir dari Indonesia Leader Development Program (ILDP) yang merupakan program binaan UI. Dalam program itu dijaring calon pemimpin. Input dari ISLC tahun lalu adalah lahirnya Forum OSIS. Dalam forum tersebut,para ketua OSIS merumuskan ihwal yang dianggap penting.

”Tahun lalu Forum OSIS telah melakukan gebrakan dengan penggalangan baju yang dilakukan secara serempak di seluruh wilayah,”katanya. Tahun ini, sambung Rindi, akan dilakukan gebrakan yang sama bahkan lebih menarik. ”Kita akan membuat buku dari hasil esai teman-teman. Buku itu akan dirilis pada malam puncak nanti,”ucapnya.

Rangkaian Program ISLC 2012 antara lain diskusi dan perumusan sejumlah hal. Peserta juga diberi gambaran melalui diskusi yang dipaparkan mengenai pentingnya pendidikan oleh dua ibu kembar pendiri Sekolah Kembar yaitu Sri Rosianti dan Sri Irianingsih. Pemaparan mereka diharapkan dapat mengisi pandangan para peserta tentang arti penting pendidikan. ”Mereka memberi pemaparan tentang anak muda harus mengedepankan pendidikan. Memberi semangat pada generasi muda,” kata Chair Person ILDP Choirunnisak Fauziati.

Setelah acara ini selesai peserta diharapkan mampu mengimplementasikan apa yang didapat di daerah masing-masing. Keprihatinan terhadap perilaku pelajar yang kerap melakukan perkelahian juga menjadi faktor pendorong terwujudnya acara ini.[●r ratna purnama]


© Sindo

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More