blog-indonesia.com

Minggu, 04 November 2012

Energi Terbarukan, Indonesia Akan Tertinggal

http://images.detik.com/content/2012/11/03/10/061822_sby2.jpgPresiden Susilo Bambang Yudhoyono mengakui Indonesia akan sangat tertinggal jika tidak segera mengembangkan energi terbarukan. Sebabnya, pengembangan energi terbarukan sudah menjadi tren di lingkungan negara maju.

"Populasi penduduk bumi akan menjadi sembilan milyar orang dan akan memerlukan 70 persen energi. Kalau penyedian energi dilakukan bussiness as usual seperti ini kita akan menghadapi krisis luar biasa. Makanya, sekarang sedang dikembangkan berbagai upaya untuk tidak kecanduan menggunakan sumber energi yang berasal dari fosil," kata Presiden saat jumpa pers diakhir kunjungan kenegaraannya di Inggris, Sabtu (3/11) waktu setempat.

Indonesia yang notabene memiliki potensi energi terbarukan yang besar dituntut untuk tidak kalah dalam mengembangkannya. Atas dasar itu, pengembangan energi terbarukan menjadi salah satu prioritas yang dibawa Presiden dalam kunjungan kenegaraannya di Inggris.

"Energi baru dan terbarukan sangat penting untuk mendukung kendaraan ramah lingkungn yang sangat hemat Bahan Bakar Minyak (BBM). Maka itu, kita menjalin kerjasama dengan Inggris dan negara yang lain-lain," kata Presiden.

Sejalan dengan itu, Indonesia juga menawarkan kerjasama dengan Inggris di bidang lingkungan dan perubahan iklim. Hasilnya, Inggris tertarik untuk terlibat dalam program pengurangan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan atau REDD plus, yang dijalankan oleh Indonesia dan Norwegia. "Inggris akan menjadi bagian dari implementasi kerjasama itu," kata Presiden.


© Jurnas

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More