blog-indonesia.com

Jumat, 26 Oktober 2012

Warga Bali Dikejutkan Temuan Candi Kuno Terbesar

http://www.jurnas.com/fototmp/detail/58501-74916-0-3773-61ab3b8d04c98a205e4d49a67e7d7bae.jpg?1351210859PARA pekerja bangunan di Bali menemukan candi kuno Hindu yang terbesar yang diperkirakan dibangun sekitar abad ke-13 sampai 15. Mereka melaporkan temuan itu ke kantor arkeologi Bali setelah mereka menemukan batu pertama sepanjang satu meter dan lebar 40 centimeter pada Minggu (21/10) lalu di Penatih.

Pakar arkeologi kemudian melanjutkan penggalian untuk mengetahui lebih lanjut bentuk candi tersebut, kata kepala tim arkeologi Wayan Suantika.

"Kami rasa inilah candi Hindu terbesar yang pernah ditemukan di Bali," kata Suantika seperti diberitakan AFP, Kamis (25/10).

Ia menambahkan saat ini penggalian dan penelitian candi masih terus dilakukan di tempat yang disebut sebagai Situs Purbakala Penatih.

Wayan juga mengatakan fondasi candi purbakala itu diperkirakan berasal dari sekitar abad ke-13 berdasarkan dari "bahan batu padas dan pada bahan batu padas ini terdapat lapisan penguat."

"Lapisan penguat seperti ini adanya pada abad 13 dan 14," kata Suantika seperti dikutip harian Nusa Bali.

Suantika mengatakan temuan candi terbesar sebelumnya di Bali adalah Candi Wasa - yang berukuran 11 meter kali 10 meter- di Gianyar tahun 1986. "Yang ditemukan di Penatih, yang baru terlihat saja sudah mencapai 11 meter. Dan ini belum ditemukan ujungnya, berarti jauh lebih panjang lagi," tambahnya.

Ia juga mengatakan ciri candi yang ditemukan ini serupa dengan yang ada di Jawa Timur.

Sementara itu sejumlah warga setempat mengatakan mereka sempat menemukan benda-benda purbakala, termasuk keramik dan batu padas dalam bentuk lain.

"Lokasi temuan benda-benda bersejarah itu ditemukan warga sekitar 40 meter dari tempat temuan struktur bangunan candi," kata seorang warga kepada Nusa Bali. BBC


© Jurnas

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More