blog-indonesia.com

Jumat, 12 Oktober 2012

Pemerintah Segera Bangun Pulau Nipah

Foto dok. IstimewaBatam - Pemerintah pusat telah menyiapkan anggaran miliaran rupiah untuk membangun Pulau Nipah yang merupakan pulau terluar dan berbatasan langsung dengan Singapura. Pembangunan pulau tersebut akan menjadi proyek percontohan pengamanan pulau terluar di Indonesia.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementrian Pertahanan (Kemhan), Mayjen TNI Hartind Asrin, mengatakan pemerintah melalui beberapa instansi seperti Kementerian Pertahanan dan Kementerian Kelautan dan Pesisir akan membangun beberapa proyek di Pulau Nipah.

Misalnya, bunker bahan bakar dan logistik untuk pusat pengisian bahan bakar kapal-kapal yang melintas di sekitar perairan tersebut dan proyek itu akan dimulai pengerjaannya tahun depan. "Pulau Nipah akan menjadi percontohan bagi pengamanan pulau-pulau terluar lainnya," kata hartind di Batam, Kamis (11/10).

Untuk tahap pertama, Pulau Nipah seluas sekitar 60 hektare itu akan dibagi beberapa kluster. Kluster pertama seluas 15 hektare di utara digunakan untuk pertahanan, lalu 10 hektare di tengah untuk konservasi, dan 35 hektare untuk zona ekonomi di bawah pengelolaan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).[gus/P-3w]

@ Koran Jakarta

1 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More