blog-indonesia.com

Sabtu, 06 Oktober 2012

BNPB: Gunung Lokon Meletus Tiga Kali

Ilustrasi Gunung Lokon, Tomohon, Sulawesi Utara Meletus

Letusan Gunung Lokon eksplosif dengan tinggi kolom abu letusan 1.500 meter.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan Gunung Lokon yang terletak di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, terus menunjukkan aktivitasnya.

"Hingga saat ini sudah terjadi tiga kali letusan Gunung Lokon," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, dinihari ini.

Sutopo menjelaskan, sejak 5 Oktober malam telah terjadi tiga kali letusan Gunung Lokon. "Letusan Gunung Lokon bersifat eksplosif dengan tinggi kolom abu letusan 1.500 meter diikuti lontaran material pijar dengan tinggi 350 meter," katanya.

Dia juga menambahkan, suara dentuman terdengar kuat di pos pengamatan Gunung Lokon. "Abu letusan tertiup ke arah Timur dan Utara," katanya.

Dia mengatakan, peringatan dini peningkatan aktivitas Gunung Lokon telah disampaikan kepada semua yang berkepentingan sejak 4 Oktober 2012.

Masyarakat di sekitar Gunung Lokon hingga saat ini diminta tetap siaga karena status gunung api tersebut tetap siaga. "Masyarakat hingga saat ini belum perlu mengungsi,"  kata dia.

Sutopo juga mengatakan bahwa BNPB terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak yang berkepentingan terkait dengan peningkatan aktivitas Gunung Lokon.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More