blog-indonesia.com

Jumat, 07 September 2012

UI akan tampilkan ratusan hasil riset

"Riset tersebut tentunya akan memaparkan capaian yang dihasilkan UI dalam lima tahun terakhir ini,"

Depok - Universitas Indonesia (UI) akan menampilkan ratusan hasil riset baik karya dosen maupun mahasiswa dalam Gelar Ilmu UI 2012 pada 12-13 September 2012.

"Riset tersebut tentunya akan memaparkan capaian yang dihasilkan UI dalam lima tahun terakhir ini," kata Ketua Panitia Penyelenggara Gelar Ilmu UI 2012, Dr.rer.net Yasman, di Depok, Kamis.

Ia mengatakan dengan adanya Gelar Ilmu UI 2012 diharapkan dapat merefleksikan kinerja riset yang dilakukan dosen dan mahasiswa UI. Riset bermuara pada masyarakat dan industri. Komitmen Universitas Indonesia (UI) sebagai "World Class Research University" diwujudkan dalam penyelenggaraan pameran hasil inovasi riset dan program pengabdian masyarakat para sivitas akademika UI bertajuk "Gelar Ilmu UI 2012".

Menurut dia kegiatan yang bertemakan "Menjadi Universitas Riset : Wujud Sumbangsih Keilmuan Universitas bagi Bagi Bangsa dan Dunia" akan dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Mohammad Nuh di Balairung UI, Kampus Depok.

Menurut dia beragam capaian inovasi riset dan pengabdian masyarakat sivitas akademika

UI akan ditampilkan secara interaktif melalui rangkaian kegiatan Gelar Ilmu UI 2012. Seminar dan talkshow, workshop, yang membahas berbagai tema terkait pengembangan riset kampus dan aplikasinya kepada masyarakat dan industri.

Ia mencontohkan pembahasan konsep universitas riset, penerapan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) pada hasil riset, komersialisasi invensi, dan kegiatan temu bisnis yang mempertemukan periset UI dengan kalangan industri.

Sementara itu Kepala Kantor Komunikasi UI Siane Indriani mengatakan tampilan gelar ilmu UI akan berbeda capaian riset dan program pengabdian masyarakat UI yang dikemas dengan konsep edukasi dikombinasikan dengan konsep hiburan yaitu kegiatan Fun Science.

"Berbagai temuan dan fakta unik dalam bidang sains akan ditampilkan dalam beragam display inovasi riset dan melibatkan interaksi pengunjung melalui kegiatan eksperimen unik, games dan kuis," katanya.

Kegiatan Fun Science juga diramaikan dengan pertunjukan teatrikal "chemical experimental class", demonstrasi eksperimen (fisika, kimia dan biologi) oleh tim Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UI beserta Siswa SMU se-Jabodetabek. Konsep Fun Science diharapkan dapat mengubah persepsi masyarakat mengenai dunia riset yang identik dengan hal rumit dan berat menjadi kegiatan riset yang menyenangkan serta menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat luas.

Kegiatan Students Research Colloquium merupakan kompetisi ilmiah di bidang sosial humaniora yang diharapkan dapat menghasilkan kajian riset untuk diterbitkan dalam jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau pun jurnal ilmiah internasional.

Adapun biaya akomodasi para peserta yang mengikuti kegiatan Students Research Colloquium dibiayai oleh UI. Para pengunjung Gelar Ilmu UI adalah kalangan akademisi yang terdiri dari dosen dan mahasiswa S1 hingga S3, masyarakat dan para siswa SMU.

Lebih lanjut ia mengatakan Gelar Ilmu UI merupakan agenda kegiatan lima tahunan dan pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007 yang dibuka oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir yaitu 2008-2012, hasil capaian riset dan program pengabdian masyarakat UI meningkat secara signifikan.

Dikatakannya UI telah menghibahkan dana kepada 1.587 kegiatan riset, dengan total dana riset mencapai Rp 18,29 Miliar di tahun 2012. Atas pencapaian tersebut, kegiatan Gelar Ilmu UI 2012 diharapkan dapat membuka dan memperluas wawasan masyarakat akan beragam capaian riset dan program pengabdian masyarakat yang dihasilkan UI dalam mendukung penyelesaian berbagai permasalahan bangsa.

"Gelar Ilmu UI diharapkan dapat memberikan dan membagi pengalaman pencapaian research university bagi perguruan tinggi di Indonesia," katanya.(F006/Y008)

(Antara)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More