blog-indonesia.com

Sabtu, 01 September 2012

PT Pindad Mau Produksi Massal Motor Listrik

http://image.tempointeraktif.com/?id=134723&width=200Jakarta -PT Pindad Persero menyatakan produksi massal bagi motor listrik (mesin) bagi mobil listrik dilaksanakan tahun depan. "Harapan kami sekitar Oktober 2013,"ujar Direktur Utama Pindad, Adik Avianto, Sabtu, 1 September 2012.

Lamanya waktu yang dibutuhkan oleh perseroan disebabkan karena sebelum memproduksi massal dibutuhkan beberapa kali uji coba mesin. "Apalagi bahan baku komponennya masih impor, kami belum bisa memproduksi sendiri," ujarnya. Kini pihaknya masih mematangkan konsep sebelum memulai produksi massal.

Motor listrik berfungsi sebagai mesin penggerak mobil listrik yang terdiri dari baterai lithium dan magnet. Bahan baku magnet diimpor dari Cina dan lithiumnya berasal dari Amerika Serikat. Sekalipun bahan bakunya impor, motor liatrik diproduksi sendiri oleh Pindad.

Adik mengakui hambatan perusahaannya adalah importir Cina yang menolak menjual bahan baku magnet secara massal. "Mereka (importir) maunya menjual eceran, kami masih memikirkan solusi untuk ke depannya," ia mengatakan.

Pada awal Agustus lalu, uji coba dikakukan bersama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan menggunakan prototip mobil buatan Pindad. Kata Adik, hal yang perlu dievaluasi adalah jenis baterai yang digunakan. Saat itu mesin masih menggunakan komponen aki lokal. Bobot baterai yang mencapai 289 kilogram, dinilai terlalu berat. Oleh karena itu diganti dengan lithium yang beratnya tak sampai 100 kilogram.

Uji coba berikutnya dilaksanakan pada 10 September mendatang. Namun dalam uji coba nanti, Pindad tidak turut mendampingi. "Kami hanya mengantarkan mesin beserta prototipnya ke kementerian," kata Adik.

Menteri BUMN, Dahlan Iskan, menunjuk PT Pindad yang merupakan produsen alutsista itu untuk memproduksi motor listrik, pada Juni lalu. Perusahaan itu dinilai berhasil memproduksi generator listrik pada 1980-an.

(Tempo.Co)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More