blog-indonesia.com

Selasa, 04 September 2012

PGN Incar Investasi LNG di Amerika Serikat

 Selain itu, PGN berencana untuk mengakuisisi satu perusahaan migas.

PGN Incar Investasi LNG di Amerika Serikat
PGN Incar Investasi LNG di Amerika Serikat
PT Perusahaan Gas Negara Tbk berencana untuk berekspansi ke luar negeri dengan membentuk anak perusahaan yang bergerak di bidang hulu Liquefied Natural Gas (gas alam cair/LNG). Selain itu, PGN berencana untuk mengakuisisi satu perusahaan migas di dalam negeri.
 
"Sampai saat ini, kami masih due diligence (uji tuntas) untuk investasi di domestik dan luar negeri di sektor hulu," kata Sekretaris Perusahaan PGN, Heri Yusup, di Jakarta, Selasa 4 September 2012.

Untuk investasi di luar negeri, menurut Heri, PGN saat ini sedang menjajaki beberapa perusahaan LNG di Amerika Serikat guna menjadi mitra dengan salah satu anak perusahaan PGN, PT Saka Energi.

"PGN sedang fokus mencari LNG di luar negeri untuk memenuhi kebutuhan gas domestik, salah satunya bagi FSRU Lampung yang sedang dibangun PGN," ujarnya.

Heri menambahkan, selain menjajaki bisnis di AS, PGN saat ini juga sedang mengkaji untuk investasi di negara lainnya antara lain di Afrika dan Asia. "Tidak banyak yang dikaji, namun yang jelas lebih dari satu perusahaan," katanya.

Namun, ia memastikan bahwa rencana investasi di AS masih dalam proses yang panjang, karena ada beberapa tahapan yang harus dilalui. PGN mengalokasikan investasi hingga Rp5 triliun untuk investasi sektor hulu migas di dalam dan luar negeri.

Sementara itu, untuk akuisisi perusahaan migas dalam negeri, Heri menjelaskan, dapat dilaksanakan pada akhir tahun ini. Saat ini, PGN sedang bernegosiasi mengenai harga saham perusahaan yang akan diakuisisi. PGN mengincar perusahaan migas yang memiliki blok migas yang telah berproduksi.

PGN, dia melanjutkan, akan menjadi pemilik minoritas di perusahaan migas tersebut dengan komposisi kepemilikan saham yang akan diambil kurang dari 30 persen. "Kisaran saham yang mau diambil di bawah 30 persen, namun kalau sudah berjalan bisa ditambah," ujar Heri. (art)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More