blog-indonesia.com

Sabtu, 01 September 2012

Dahlan Iskan Lirik Teknologi Nuklir

http://image.tempointeraktif.com/?id=123353&width=200Yogyakarta - Masih menggebu-gebu dengan teknologi kendaraan berenergi listrik, Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan menyatakan ketertarikannya dalam pengembangan teknologi nuklir.

Saat menjadi pembicara di sela Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) Fakultas Tehnik dan Fakultas Geografi UGM Jumat, 31 Agustus 2012, Dahlan mengatakan tertarik dengan jurusan teknik nuklir di Fakultas Teknik UGM yang sudah ada sejak akhir 1970-an.

Saking antusiasnya, bos Jawa Pos Grup ini sempat menyuruh mahasiswa baru jurusan teknik nuklir untuk berdiri supaya dia bisa menhitung jumlahnya.

"Kita sudah punya ratusan sarjana teknik nuklir, tapi belum punya teknologi nuklir yang bermanfaat untuk kebutuhan nasional," kata Dahlan.

Menurut dia, mahasiswa baru di jurusan teknik nuklir merupakan harapan Indonesia agar bisa memenuhi kebutuhan energi nasional.

Dahlan melanjutkan, dosen Teknik Nuklir UGM yang sekarang menjabat Direktur Batan Teknologi, Yudiutomo Imardjoko telah menemukan teknik pengayaan uranium sistem rendah yang hanya dimiliki Indonesia.

Teknik ini, kata Dahlan, berguna untuk produksi radio isotop dan dipakai untuk kebutuhan selain pembuatan senjata. "Nuklir adalah masa depan Indonesia untuk kebutuhan listrik dan kemandirian energi," ujar dia.

(Tempo.Co)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More