blog-indonesia.com

Rabu, 29 Agustus 2012

Wi-Fi Gratis di Kelurahan dan Rumah Sakit 2013


fotoJakarta -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membuat jaringan Internet nirkabel (Wi-Fi) gratis di sejumlah kelurahan dan rumah sakit. "Jadi nanti, sekitar 2013 atau 2014, kelurahan-kelurahan, rumah sakit-rumah sakit di Jakarta akan dipasangkan Wi-Fi gratis," ujar Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Kehumasan DKI Jakarta, Sugiyanta, ketika dihubungi Tempo, Rabu, 29 Agustus 2012.

Setelah kelurahan dan rumah sakit, Sugiyanta mengatakan, pada tahun selanjutnya, fasilitas keagamaan akan dipasang Wi-Fi gratis. "Sekitar 2015, masjid-masjid, gereja, dan tempat ibadah lainnya juga akan dipasangkan," ujarnya.

Ia menepis rencana tersebut terkait ihwal pilkada. "Sebelumnya kan juga sudah ada di kawasan Monas, Taman Menteng, Taman Ayodya, halte busway Harmoni, Dukuh Atas, dan lingkungan gedung Balai Kota DKI," ujarnya. "Jadi, secara bertahap, akan terus dikembangkan."

Sugiyanta mengatakan pemerintah provinsi akan menambahkan sarana fasilitas Wi-Fi gratis di dua jalur protokol. "Jalur Grogol-Cawang dan BI (Bank Indonesia-Ratu Plaza)," ujarnya. "Paling lambat minggu pertama awal September sudah terpasang."

Dengan adanya fasilitas ini, ia berharap masyarakat Jakarta bisa produktif menggunakan waktunya. "Jadi, kalau misalnya terkena macet di jalan, sembari supir nyetir, bos-bos bisa sambil Wi-Fi-an. Wartawan pun jadi mudah kirim berita lewat mana saja."

Gubernur Fauzi Bowo sebelumnya mengatakan penambahan Wi-Fi gratis ini tidak membutuhkan anggaran yang besar. "Pemasangan Wi-Fi merupakan bagian kompensasi pihak ketiga yang memasang jaringan fiber optik di dua ruas jalan tersebut. Pihak swasta yang sediakan fiber optik. Kami beri izin pada fiber optiknya," kata dia.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More