blog-indonesia.com

Jumat, 10 Agustus 2012

Pemerintah dorong peningkatan peneliti muda

http://img.antaranews.com/new/2012/05/thumb/20120509Juara-Olimpiade-080512-2.jpgBandung (ANTARA News) - Salah satu kebijakan pemerintah untuk memastikan keberhasilan transformasi pembangunan ekonomi dari mengandalkan ekspor sumber daya alam mentah menjadi berbasis inovasi, adalah mendorong tumbuhnya minat terhadap penelitian pada generasi muda.

Deputi Menteri Riset dan Teknologi Bidang Jaringan Iptek Amin Soebandrio dalam seminar internasional ke-10 Triple Helix di Hotel Grand Panghegar, Bandung, Jumat menyatakan pemerintah menyadari pentingnya peran peneliti muda dalam perkembangan Indonesia pada masa depan.

Apalagi, lanjut dia, komposisi penduduk Indonesia saat ini sebagian besar adalah kaum muda yang berada pada usia produktif.

"Untuk menstimulasi minat terhadap penelitian pada generasi muda pemerintah telah melakukan beberapa pendekatan di antaranya adalah kompetisi yang digelar untuk siswa sekolah menengah atas dan mahasiswa," tuturnya.

Menurut Amin, kompetisi semacam itu telah terbukti menghasilkan banyak karya penelitian yang mengagumkan dari generasi muda.

Selain secara rutin menggelar kompetisi sains dan teknologi seperti kontes robot Indonesia yang digelar setiap tahun, Amin mengatakan, pemerintah juga melaksanakan berbagai lomba dalam bidang industri kreatif.

Kompetisi sains, menurut dia, sejak dua tahun lalu juga dilaksanakan untuk siswa sekolah dasar yang didampingi oleh bimbingan guru mereka.(D013)

(Antara)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More