blog-indonesia.com

Selasa, 03 Juli 2012

Universitas Negeri Yogyakarta Kembangkan Mobil Listrik

Tim Mobil Power Listrik UNY
JAKARTA--MICOM: Tim Mobil Power Listrik Universitas Negeri Yogyakarta yang beranggotakan mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik berhasil membuat dan mengembangkan mobil listrik generasi keempat yang diberi nama Electric Vehicle Odyssey (EVO).

"Mobil kreasi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu akan diikutkan dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) IV 2012 Tingkat Nasional yang diselenggarakan Politeknik Negeri Bandung," kata pembimbing Tim Mobil Power Listrik (MPL) UNY Bambang Sulistyo di Yogyakarta, Senin (2/7).

Ia mengatakan, KMLI IV yang mengusung tema Mobil listrik kendaraan efisien dan bebas polusi itu akan diselenggarakan di arena sirkuit balap Politeknik Negeri Bandung pada 2-4 November 2012.

"Dalam kompetisi itu akan dilombakan lima kategori, yakni uji tanjakan, uji kecepatan (akselerasi), uji pengereman, adu balap, dan uji efisiensi," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan itu untuk memicu kreativitas mahasiswa dalam pengembangan penggunaan energi listrik dalam sistem transportasi sebagai pengganti bahan bakar fosil.

Selain itu, kata dia, melalui kompetisi itu diharapkan meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan bersih yang berkelanjutan.

Menurut dia, mobil listrik EVO yang dihasilkan Tim MPL UNY itu memiliki dimensi lebar 125 sentimeter, panjang 180 sentimeter, dan tinggi 100 sentimeter dengan berat 150 kilogram.

"Mobil tersebut menggunakan empat baterai 12 volt, 40 Ah. Sumber penggerak yang digunakan adalah dua dinamo DC tanpa sikat dengan daya 4.500 watt secara kontinu dan secara sesaat mampu mencapai 5.200 watt," katanya.

Mobil itu memiliki kecepatan maksimum 60 kilometer per jam dengan jarak tempuh 45 kilometer. Mobil yang dibuat sejak Januari 2012 itu telah mengalami empat kali pengembangan.

"Ke depan mobil itu diharapkan dapat terus dikembangkan dan dimodifikasi agar dapat mencapai persyaratan standarisasi untuk diproduksi secara massal. Dalam jangka pendek, mobil itu diharapkan dapat mencapai prestasi terbaik di ajang KMLI IV," kata Bambang. (Ant/OL-5)


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More