blog-indonesia.com

Kamis, 19 Juli 2012

UI, ITB, UGM Kampus Favorit di Asia

ITB peringkat 83 dari 100 besar kampus terfavorit di dunia.

VIVAnews - Kiprah perguruan tinggi di dunia maya kembali diperbarui oleh 4 International Colleges and Universities (www.4icu.org), yang dikenal dengan World Universities Web Ranking.

Sebanyak 11 ribu perguruan tinggi dari 200 negara dinilai berdasarkan tiga kriteria, yaitu Google Pagerank, Alexa Traffic Rank, dan Majestic SEO yang menggantikan Yahoo Site Explorer mulai edisi Januari 2012. Hasil pemeringkatan dirilis setiap semester, yaitu pada Januari dan Juli.

Berdasarkan data terbaru yang dikutip pada Kamis 19 Juli 2012, tercatat tiga universitas Indonesia masuk dalam daftar universitas terpopuler di Asia. Tiga universitas itu adalah Intitut Teknologi Bandung yang menduduki peringkat ke-13, Universitas Indonesia peringkat 37, dan Universitas Gadjah Mada peringkat 69.

Bahkan ITB masuk dalam 100 besar kampus terfavorit di dunia. ITB menduduki peringkat ke-83 dunia.

Dari 10 besar universitas terfavorit di Indonesia, 9 di antaranya ditempati perguruan tinggi negeri. Universitas Gunadarma menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang masuk 10 besar kampus terfavorit.

Peringkat perguruan tinggi di Indonesia yakni Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gunadarma, Universitas Airlangga, Universita Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sedangkan dari 100 universitas di Asia, universitas asal Jepang menduduki peringkat pertama yakni Keio University. Disusul berturut-turut Peking University (China), Shanghai Jiao Tong University (China), National University of Singapore, Fudan University (China), Zhejiang University (China), Wuhan University (China), Nanjing University (China), Xi'an Jiaotong University (China), The University of Tokyo Japan (Jepang).

Sedangkan peringkat 10 besar dunia, Amerika Serikat menempatkan 9 universitasnya dalam peringkat tertinggi. 9 Universitas adalah Massachusetts Institute of Technology, Stanford Univeristy, Harvard University, University of California, Barkeley, The University of Texas at Austin, Cornell University, University of Michigan, University of Pennsylvania, University of Washington. (umi)

© VIVA.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More