blog-indonesia.com

Sabtu, 07 Juli 2012

Pertahankan Gelar Juara Mobil Irit Se-Asia, ITS Cetak Hattrick

Jakarta - Tim Sapu Angin ITS mempertahankan gelar juara dalam kontes mobil hemat energi Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2012. Atas kemenangannya yang ke tiga kalinya ini, tim ITS berhasil mencetak hattrick dalam ajang tahunan yang digelar di sirkuit Sepang, Malaysia, tersebut.

Sapu Angin 7 adalah mobil kreasi ITS yang dinobatkan sebagai juara pertama kelas Urban Concept Biodeisel. Mobil penggerak mesin pompa air tersebut tercatat mampu menempuh jarak 167 kilometer per liter biodiesel yang menjadi sumber energinya. Ini capaian tertinggi dari tim Indonesia yang mengirimkan wakilnya dalam ajang SEM Asia 2012

"Alhamdulillah, ini adalah kali ketiga secara berturut-turut kami juara pertama di ajang SEM,” ujar Rektor ITS Triyogi Yuwono melalui surat elektronik, Sabtu (7/7/2012). .

Keberhasilan ini menurutnya menunjukkan bahwa transfer pengetahuantelah berjalan dengan baik. Mengingat tiap tahun dosen pembimbing dan mahasiswa yang berangkat bertanding selalu berlainan. "

Hal ini adalah buah dari iklim akademik yang terbina sangat baik di ITS," ujar Triyogi.

Di dalam ajang SEM Asia 2012, ITS mengirim tiga tim yang masing-masing diawaki oleh lima orang mahasiswa dengan dosen pembimbing tim Bambang Sampurno. Tim 1 dengan mobil Sapu Angin 6, Tim 2 dengan Sapu Angin 7 dan SEM ITS Team 2012 dengan mobil terbaru Antasena 1.

Mereka berkompetisi menghadapi 136 tim dari 18 negara dari Asia termasuk Lebanon, Qatar, Uni Emirat Arab, Hong Kong dan Korea Selatan. Jumlah kendaraan hemat energi yang dilombakan terdiri dari 91 di kelas prototipe dan 45 di kelas urban concept.

Sumber : Detik

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More