blog-indonesia.com

Selasa, 15 Mei 2012

UI Gelar Pelatihan Cloud Computing

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) bekerja sama dengan CompTIA meluncurkan program pelatihan yang disebut teknologi komputasi awan (Cloud Computing) yang pertama di Indonesia.

"Program pelatihan Cloud Computing di Indonesia merupakan komitmen Departemen Teknik Elektro FTUI dalam mengembangkan inovasi teknologi di bidang Information and Communication Technology (ICT)," kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Siane Indriani, di Depok, Jawa Barat, Selasa.

Komputasi awan adalah sistem informasi yang secara permanen tersimpan di Internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna, seperti komputer pribadi, komputer tablet, dan notebook. Sistem ini merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis Internet, yang diibaratkan awan. Contohnya, aplikasi pengolah dokumen di Google.

Menurut dia, peluncuran Progran Pelatihan Cloud Computing ini merupakan peran aktif Departemen Teknik Elektro FTUI mengembangkan informasi, komunikasi dan teknologi (Information, Communication and Technologi/ICT) di Indonesia, khususnya di bidang teknologi komputasi awan.

Ia mengatakan, dipilihnya CompTIA sebagai kitra karena memiliki portofolio sertifikasi ICT yang diakui oleh masyarakat dunia.

Saat ini, beberapa perusahaan besar seperti Apple dan Dell mewajibkan karyawannya memiliki sertifikasi CompTIA sebagai bukti keahlian di bidang ICT. "Nilai ekonomi dari teknologi komputasi kian meningkat dari waktu ke waktu," katanya.

Ia mengatakan di Indonesia nilai teknologi komputasi awan diprediksi akan mencapai Rp 2,1 triliun dengan sumbangan Software as a Services (SaaS) senilai 40 persen.

Dikatakannya, para pemain di bidang teknologi komputasi awan terus bertambah, sehingga membutuhkan dukungan sumber daya manusia (SDM) yang memadai, dan menjamin terselenggaranya teknologi komputasi awan sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia serta membantu masyarakat memanfaatkan teknologi ini.

Lebih lanjut ia mengatakan Laboratorium Jaringan Komputer Departemen Teknik Elektro FTUI adalah tempat penelitian mahasiswa di bidang jaringan komputer dan telah mengembangkan pelatihan Cisco dan sejak tahun 2000 telah menghasilkan lulusan berwawasan global.

Selain itu, mahasiswa FTUI sering menjuarai berbagai perlombaan di bidang ICT seperti mewakili Indonesia di ajang kompetisi internasional Microsoft Imagine Cup 2010 dan 2011.


REPUBLIKA.CO.ID

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More