blog-indonesia.com

Jumat, 25 Mei 2012

Tim Mobile Health ITB ke Final Kejuaraan Dunia

TEMPO.CO , Jakarta- Tim Institut Teknologi Bandung menjadi salah satu finalis di kompetisi University Mobile Health Challenge, yang diselenggarakan oleh The Berkeley Mobile International Collaborative (BMIC).

Tim asal Bandung ini terdiri dari Arga Ariadarma, Royana Afwani, Raidah Hanifah, Berlian al-Kindhi, dan Astri Maria dengan pembimbing Prof. Suhono Harso Supangkat.

Mereka membuat aplikasi layanan bergerak bernama “Maternal and Neonatal MobiTile Services”. Aplikasi ini akan dipresentasikan di babak final yang akan diselenggarakan di Cape Town, Afrika Selatan, pada 28-30 Mei 2012.

Maternal and Neonatal Mobile Services adalah sebuah sistem pelayanan kesehatan berbasis mobile yang dapat membantu ibu dan petugas kesehatan dalam pengelolaan periode maternal (kehamilan) dan neonatal (kelahiran bayi).

Sistem ini merupakan sistem e-health yang dapat digunakan oleh petugas kesehatan dalam merekam dan mengelola data medis pasien ibu hamil sampai melahirkan, juga data bayi sampai sebelum balita.

Selain petugas kesehatan, sistem ini dapat digunakan oleh para ibu sebagai pencatat digital riwayat medis ibu hamil dan bayinya, sebagai reminder hal-hal penting seperti konsultasi ulang dan imunisasi.

Berikut ini adalah 10 finalis yang terpilih dan akan mempresentasikan karyanya di Cape Town, Afrika Selatan, pada 29 Mei 2012.

1. Bandung Institutes of Technology, Indonesia
2. Jordan University, Jordan
3. Massachusetts Institute of Technology and Federal University of Rio Grande do Norte, AS and Brazil
4. Notre Dame University, Lebanon Pace University, AS
5. University of British Columbia, Canada
6. UC Berkeley, AS; UC San Francisco, AS
7. Universite de Thies, Senegal
8. University of Oxford, Team BabeeMon, United Kingdom
9. University of Pennsylvania, AS
10. USF, AS

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More