blog-indonesia.com

Kamis, 24 Mei 2012

''Perang'' Robot di Kampus ITB

foto
ANTARA/Fahrul Jayadiputra
TEMPO.CO , Jakarta - Ratusan peserta Kontes Robot Indonesia dan Kontes Robot Cerdas Indonesia 2012 siap ujuk aksi dalam seleksi tingkat regional II di Gedung Serba Guna Kampus Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat, Kamis, 24 Mei 2012. Mereka akan berebut gelar robot juara kontes nasional pada 30 Juni-1 Juli 2012.

Peserta merupakan tim mahasiswa dari berbagai kampus di Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Kalimantan Barat. Mereka mendaftar ulang dan memeriksa penginapan. Panitia menyiapkan tempat di gedung Diklat LAN, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Jumat pekan ini seluruh tim menyiapkan robot, juga penimbangan.

Ketua pelaksana kontes, Kusprasapta Mutijarsa, mengatakan total ada 67 tim peserta seleksi regional II ini. Sebuah tim maksimal berjumlah 2-3 orang. Sebanyak 14 tim berlaga di Kontes Robot Indonesia, 26 tim Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) pemadam api beroda, dan 19 tim KRCI pemadam api berkaki. Kategori baru juga muncul, yaitu RoboSoccer Humanoid League, atau robot pemain sepakbola akan diikuti oleh 8 tim.

Setiap kategori mengacu pada kontes yang kelak diikuti tim juara nasional. Kontes Robot Indonesia dipersiapkan untuk kontes robot tingkat Internasional Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU). Robocon 2012 itu akan berlangsung di Hong Kong, 19 Agustus 2012.

“Tema KRI 2012 adalah Grebeg Berkah Kedamaian dan Kesejahteraan, menyesuaikan tema ABU Robocon, yaitu Pen On Dai Gat,” kata Kusprasapta. Robot-robot seperti mobil bercapit yang dikendarai peserta nantinya beradu cepat memindahkan benda dari rak kerucut ke keranjang.

Proyeksi juara Kontes Robot Cerdas Indonesia masih ke Trinity College Fire-Fighting Home Robot Contest TCFFHRC, di Trinity College, Hartford, Connecticut, Amerika Serikat 2013. Adapun juara divisi RoboSoccer Humanoid League akan tampil di kompetisi RoboCup 2013.[ANWAR SISWADI]


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More