blog-indonesia.com

Senin, 07 Mei 2012

Indonesia rebut dua emas Olimpiade Fisika Asia

Ilustrasi
Jurnas.com | TIM Indonesia berhasil merebut dua medali emas, satu perak, dan dua perunggu dalam Olimpiade Fisika se-Asia 2012 (Asian Physics Olympiad-APhO 2012) di India 30 April - 7 Mei. "Indonesia mengirim delapan siswa ke India. Hari ini adalah penutupan dan saya belum mendapat informasi nama-nama yang memperoleh medali," kata pendiri APhO dan pelatih tim olimpiade Indonesia, Yohanes Surya, di Jakarta, Senin.

Sejak pertama kali diselenggarakan di Indonesia tahun 2000, siswa-siswi negara ini selalu berprestasi di APhO karena pelatihan yang cukup intensif. Namun sejak beberapa tahun terakhir, Yohanes sebagai pelatih mengaku kesulitan merekrut siswa dengan bakat fisika yang berasal dari daerah karena Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat tidak memperbolehkan siswa yang memenangi Olimpiade Fisika Nasional mengikuti APhO. "Mereka yang menang Olimpiade Fisika Nasional akan diikutkan Olimpiade Fisika Internasional. Sehingga akhirnya kami hanya menyeleksi siswa dari sekolah yang berminat yang umumnya merupakan sekolah swasta besar," kata dia.

Padahal, Yohanes berharap dapat menemukan bakat-bakat fisika yang berasal dari daerah selain ibu kota. "Banyak sekali siswa dari kampung yang kalau diberi pelatihan intensif akan berprestasi di tingkat Internasional. Contohnya siswa dari Makassar yang pada tahun 2006 lalu mendapat medali emas di APhO," kata dia.

APhO ke-14 tahun 2013 akan diselenggarakan di Indonesia.[Antara]


Jurnas.com

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More