blog-indonesia.com

Minggu, 29 April 2012

PLN Kembangkan Pembangkit Tenaga Angin

JAKARTA (Pos Kota) – Setelah mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya dan pembangkit minihidro di beberapa wilayah di Indonesia Timur, PLN sedang mengkaji mengembangkan pembangkit listrik tenaga bayu/angin (PLTB).

“Lokasi yang paling memungkinan bagi pengembangan proyek percontohan PLTB ini di wilayah NTT,” kata Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN Bambang Dwiyanto, Jumat (27/4).

Diakuinya, survey lapangan sudah dilakukan bersama tim ahli PLTB dari negeri China di 3 lokasi di NTT yang diperkirakan layak untuk dijadikan PLTB yang langsung dipimpim Direktur Operasi PLN wilayah Indonesia Timur Vicker Sinaga akhir April lalu.

Ia berharap upaya PLN untuk mengembangkan PLTB ini bisa secepatnya dilaksanakan meski dalam skala yang kecil lebih dulu.

Dari hasil pengukuran tim pakar PLTB dari China, untuk daerah Timor Tengah Selatan dan Utara diperoleh kecepatan angin diatas 5 meter per detik. “Dari simulasi yang sudah dibuat dengan teknologi terbaru. Kecepatan angin 4,5 meter/detik saja diperkirakan sudah bisa untuk dikembangkan PLTB,” jelas Bambang. (setiawan)


Poskota

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More