blog-indonesia.com

Selasa, 03 April 2012

Pasar Komputer Tablet Nasional Terus Meningkat

Aplikasi Melon di Tablet Android
REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta - Pasar komputer tablet di Indonesia diperkirakan terus meningkat seiring beralihnya pengguna ponsel pintar (smartphone) dan netbook ke perangkat ini. Beberapa vendor lokal pun mulai menawarkan tablet murah.

"Pasar tablet PC di Indonesia terus menunjukkan tren peningkatan karena konsumen 'smartphone' dan netbook akan berpindah pada perangkat yang lebih praktis seperti tablet PC," kata Ketua Komite Perangkat dan Jasa Informatika Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Suhanda Wijaya di Jakarta, Senin (2/4).

Menurutnya, pasar tablet PC di Indonesia terbagi dua, yaitu kalangan menengah ke atas serta kalangan menengah ke bawah. Spesifikasi yang ditawarkan vendor juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
"Untuk kalangan menengah ke atas dapat membeli tablet PC dari Samsung atau iPad dari Apple dengan harga yang tinggi. Sedangkan kalangan menengah ke bawah dapat membeli tablet PC dari vendor lokal seperti Nexian," paparnya.

Berdasarkan data Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo), pasar komputer tablet di Indonesia diprediksi terus bertumbuh secara signifikan. Tahun lalu, pertumbuhan komputer di Indonesia mencapai 6 juta dengan 1 juta unitnya disumbangkan oleh tablet PC.

Tahun ini pasar komputer tablet dapat tumbuh hingga 100 persen dari tahun lalu, mencapai 400 ribu hingga 500 ribu unit.

Pasar komputer tablet di Indonesia diperkirakan tumbuh pesat karena ada tiga investor komputer dari China dan Taiwan yang berminat membangun lini produksi komputer tablet di Indonesia.
Beberapa vendor besar dari dua negara tersebut yang mempunyai pasar cukup besar di Indonesia adalah Acer Inc., Lenovo Group Ltd dan AsusTek Computer Inc.


REPUBLIKA.CO.ID

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More