blog-indonesia.com

Kamis, 12 April 2012

Kompetisi Robot Sekolah Islam Digelar di Malaysia

TEMPO.CO , Jakarta: - Sebuah kompetisi bernama IISRO (International Islamic School Robot Olimpiade) akan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 23-27 Mei 2012. Kompetisi berskala dunia ini diprakarsai Komunitas Grup Robot Indonesia. "Ini baru pertama kali diselenggarakan. Isinya orang-orang grup robot," ujar pendiri Komunitas Grup Robot Indonesia, Adiatmo Rahardi, Rabu, 11 April 2012.

Adiatmo mengatakan IISRO mengundang para murid setingkat sekolah dasar sampai menengah atas dari sekolah Islam yang terampil membuat robot. Ia berharap kompetisi dapat menjaring bakat-bakat muda ke dalam dunia teknologi robotika. "Banyak sekali bakat yang tidak diketahui publik," ujar Adi, sapaan akrabnya.

Rencananya kompetisi ini akan memiliki sembilan kategori. Dalam kategori Indoor Aerial Robot, kata Adi, para peserta harus menerbangkan robot melalui berbagai rintangan. Robot itu terbang dengan menggunakan quadcopter atau empat baling-baling yang dikendalikan dengan remot melalui perangkat berbasis Windows 7, iOS, atau Android via koneksi WiFi.

Ia menambahkan khusus tingkat sekolah dasar, peserta diminta membuat enam pesawat origami kertas yang disediakan penyelenggara. Hasil karya peserta akan dinilai dari durasi terbang dan gerakan akrobatik yang berhasil dilakukan dalam lintasan yang telah ditetapkan. Pertandingan tingkat sekolah menengah pertama akan memakai robot terbang yang harus dikendalikan peserta melalui dua tiang rintangan dalam lintasan. Setiap kelompok terdiri dari tiga anggota dan harus mengendalikan robotnya melalui kedua tiang rintangan dengan membentuk angka delapan.

Sementara para peserta sekolah menengah atas juga harus mengendalikan robot terbang melalui lintasan yang telah disiapkan. Perbedaannya, ada di jumlah rintangan dalam lintasan, dan penambahan satu gawang berbentuk kotak dan lingkaran.

Menurut Adi, kemampuan penerbangan robot dari masing-masing tim dinilai dari tiga sudut. Yakni performa penerbangan robot, modifikasi desain robot, serta kreativitas peserta dalam menciptakan penerbangan robot yang aman. Untuk pendaftaran dan informasi, calon peserta dapat mengunjungi www.iisro.org. "Target kami 200 peserta lebih. Saat ini sudah 53 peserta yang mendaftar," tuturnya.[HERU TRIYONO]


TEMPO.CO

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More